Site icon Blog Karir.com

Perhatikan! 5 Kesalahan di Resume yang Buat Gagal Dapat Kerja

Resume dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan resume, berarti kita sudah siap untuk mengikuti proses yang ada. Tapi bagaimana jika yang terjadi justru sebaliknya? Tak kunjung dapat pekerjaan karena salah menuliskan resume? Lima hal ini perlu kamu perhatikan agar tidak gagal dapat kerja:

  1. Menggunakan alamat email yang tidak jelas

Memilih nama email memang hak kita. Tetapi alamat email yang sulit diingat atau menggunakan istilah macam-macam akan mempersulit perekrut dalam proses seleksi. Sebaiknya, gunakan alamat email yang mudah dicari dan mencerminkan namamu.

  1. Terlalu banyak informasi dalam satu resume

Kalau dulu, semakin panjang isi resume maka akan semakin bagus. Tapi, mengingat jaman semakin berkembang, dan keingintahuan yang serba instan, membuat perekrut mencari yang simple, kreatif, dan berbobot. Anda bisa mencantumkan informasi tambahan yang menarik bagi HRD, seperti achievement atau kemampuan dan ketertarikan Anda pada suatu bidang.

  1. Tidak jujur dalam menuliskan identitas

Alih-alih ingin membuat HRD tertarik, justru sebaliknya yang terjadi jika Anda mencantumkan identitas tidak jujur. Seperti menuliskan kemampuan atau kumpulan sertifikat yang sebenarnya tidak Anda miliki. Tetaplah jujur dalam membuat sebuah resume, karena resume merupakan tahap awal dalam proses rekrutmen.

  1. Resume tidak lengkap

Bagaimana HRD bisa tertarik kalau resume nya saja tidak lengkap? Resume itu diibaratkan seperti usaha awal, kalau diibaratkan dengan sebuah hubungan, resume adalah bentuk komitmen tertulis. Pastinya Anda ingin komitmen terbaik, apalagi jika menyangkut masa depan Anda.

  1. Tidak up-to-date dengan perubahan zaman

Ketika gerakan Go Green digalakan, segala aktivitas yang dapat merusak bumi dikurangi. Seperti, mengganti kantong plastik dengan goodie bag, atau mengganti resume berbentuk kertas menjadi resume online. Kenapa? Selain lebih praktis, resume online juga memiliki banyak keunggulan, kita bisa melamar kerja kapan pun, di mana pun, selain itu gratis lagi. Dan keuntungan bagi HRD yaitu dapat lebih mudah menemukan kandidat yang sesuai kriteria. Jadi, kalau jaman saja sudah memudahkan kita untuk dapat kerja, kenapa belum dicoba?