Interview

7 Pertanyaan Interview Accounting untuk Posisi Akuntan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Saat akan mendapatkan posisi akuntan, kamu akan berhadapan dengan pertanyaan interview accounting. Proses perekrutan untuk peran akuntansi menantang karena posisi ini memainkan peran sentral di perusahaan. Siapkah kamu menghadapi wawancara akuntan? Untuk menyiapkan kamu lebih baik lagi, simak 7 pertanyaan interview accounting yang harus dikuasai sebelum wawancara.

Pertanyaan Interview Accounting

1. Mengapa Anda Tertarik dengan Perusahaan Kami?

Melalui pertanyaan interview accounting ini, HRD akan menilai seberapa besar komitmen dan antusias kandidat untuk bergabung dengan perusahaan. Inilah saatnya kamu menghubungkan tujuan karir dengan perusahaan.

Saya tertarik bergabung dengan perusahaan ini karena reputasi baik perusahaan. Perusahaan ini juga terkenal karena kesuksesannya dalam mencetak revenue yang cukup besar. Saya akan sangat senang jika memiliki kesempatan untuk membawa keterampilan akuntansi saya untuk memajukan pertumbuhan bisnis perusahaan.

2. Software Akuntansi Apa yang Paling Anda Kenal?

Pewawancara mengajukan pertanyaan ini untuk mengetahui wawasan dan kemahiran kandidat dalam mengoperasikan perangkat lunak akuntansi. Poin plus jika kamu menggunakan software yang sama dengan yang digunakan perusahaan dalam pekerjaan sehari-hari. 

Saya memiliki lima tahun pengalaman bekerja menggunakan QuickBooks. Saya juga akrab dengan Microsoft Excel terutama saat membuat tabel pivot dan menggunakan fungsi VLOOKUP untuk menyelesaikan analisis keuangan dan budgeting. Baru-baru ini saya memulai kursus online tentang menggunakan Oracle dan SAP.”

Read :  8 Pertanyaan Interview untuk Posisi IT Support

3. Bagaimana Anda Menjelaskan Masalah Akuntansi yang Kompleks kepada Seseorang yang Bukan dari Latar Belakang Akuntansi?

Melalui pertanyaan interview accounting ini manajer perekrutan ingin mengetahui kemampuan komunikasi kandidat. Berilah jawaban yang menekankan pada kemampuan komunikasi dan kerja sama tim.

Saya menemukan pendekatan terbaik yang akan membantu pemahaman orang yang tidak akrab dengan akuntansi. Saya tidak hanya memberikan presentasi PowerPoint, tetapi juga laporan dalam bentuk tertulis. Setelah saya mempresentasikan, saya memberi waktu 15 menit untuk meninjau ringkasan tersebut agar mereka dapat memahami dan mengambil manfaat dari informasi tersebut.

4. Bagaimana Anda Meminimalkan Risiko Kesalahan dalam Pekerjaan Anda?

Tanggapan terbaik atas pertanyaan interview accounting ini menunjukkan ketelitian kandidat dalam meninjau dan memeriksa pekerjaan.

Untuk menghindari kesalahan saat memasukkan informasi keuangan, saya selalu memeriksa ulang setiap entri dan keluaran. Saya mungkin akan menemukan kesalahan ketik atau hasil perhitungan yang keliru. Setelah menemukan kesalahan-kesalahan tersebut, saya melakukan perbaikan dan mengeceknya sekali lagi sebelum menyerahkan hasil itu.”

5. Menurut Anda Apa Tiga Keterampilan Teratas yang Harus Dimiliki Seorang Akuntan?

Perusahaan menginginkan akuntan yang profesional dan kompeten. Berikan jawaban yang menekankan pada pentingnya pengetahuan bisnis umum, keahlian teknologi, orientasi layanan pelanggan, dan pengalaman khusus yang mungkin relevan untuk peran tersebut.

Seorang akuntan harus memiliki integritas yang luar biasa saat melakukan pencatatan dan pengawasan catatan keuangan. Selain itu, akuntan yang baik memiliki keterampilan komunikasi lisan maupun tulis, dan berpikir analitis. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, akuntan dapat mendiskusikan laporan keuangan untuk memberikan nasihat keuangan yang baik untuk perusahaan.

6. Apa yang Anda Anggap sebagai Tantangan Terbesar dalam Pekerjaan Akuntan?

Meski tak ada jawaban yang benar ataupun salah, kamu harus memberikan jawaban yang matang dan cerdas, yang dapat menunjukkan pengetahuan dan komitmen terhadap pekerjaan. Berikan jawaban yang mencakup situasi aktual yang ditangani akuntan.

Read :  3 Strategi Menjawab: “Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami”

Tantangan terbesar dalam pekerjaan akuntan adalah penguasaan teknologi. Layanan akuntansi online sangat mungkin menggeser peran akuntansi. Oleh karena itu, para akuntan harus dapat memberikan apa yang tidak dapat dilakukan oleh komputer. Saya percaya manusia dapat memberikan nilai tambah lebih daripada mesin.

7. Apakah Anda Memiliki Sertifikasi Akuntan?

Certified Public Accountant (CPA) merupakan program pengembangan profesi bagi akuntan yang diselenggarakan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Sertifikasi ini menjadi prasyarat izin menjadi akuntan publik. Dengan memiliki sertifikasi membuktikan komitmen kamu terhadap profesi. Ini juga membuat menonjol kamu dalam persaingan. Apa pun itu, jawablah pertanyaan interview accounting ini dengan jujur.

Saya memiliki sertifikat CPA yang saya peroleh pada dua tahun pertama karir saya. Sertifikasi ini penting bagi saya karena dapat mendukung saya ke arah karir yang saya inginkan.

Saya belum memiliki sertifikasi itu, namun saya secara aktif bekerja untuk mendapatkannya. Saya yakin sertifikasi itu akan berharga untuk arah karir saya.

Setelah mengetahui daftar pertanyaan interview accounting, kini saatnya kamu melamar pekerjaan untuk menambah peluangmu. Ingin meningkatkan karir di bidang akuntansi? Kunjungi situs Karir.com dan dapatkan lowongan kerja accounting terbaru di tahun 2022. Daftar sekarang dan jadilah kandidat terbaik untuk setiap posisi yang kamu lamar. 

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.