Interview

8 Pertanyaan Interview untuk Posisi IT Support

Pinterest LinkedIn Tumblr

Jika kamu mengirimkan aplikasi untuk posisi IT Support, kamu akan menghadapi sebagian pertanyaan khusus yang berkaitan dengan peran di industri teknologi informasi. Profesi IT Support membutuhkan keterampilan teknis mengenai komputer. Untuk membantu kamu mempersiapkan wawancara yang baik, berikut inilah 8 pertanyaan interview IT Support beserta jawabannya.

Pertanyaan Interview IT Support

1. Apa yang Anda Ketahui tentang Produk dan Perusahaan Kami?

Ini merupakan pertanyaan umum dalam wawancara, yang ditanyakan untuk mengetahui menguji minat kandidat dan kesiapan wawancara kandidat. Untuk menjawab pertanyaan ini, kandidat harus melakukan riset tentang perusahaan dan produknya melalui situs web, media sosial, atau media lainnya.

Perusahaan fintech X menyediakan jasa digital payment system dan microfinancing dengan produk Y, Z, dan C. Perusahaan ini termasuk unggul di antara kompetitornya. Hal ini terbukti dari nilai valuasi pasar yang terus meningkat. Awal bulan lalu, perusahaan ini dinobatkan sebagai Perusahaan Fintech Terbaik.”

2. Di mana Anda Melihat Diri Anda Lima Tahun dari Sekarang?

Pertanyaan wawancara umum ini sama seperti pertanyaan “Apa Tujuan Karir Anda?”. Pertanyaan ini akan menunjukkan seberapa penting karir bagi kandidat, tingkat minat terhadap pekerjaan tersebut, serta kekuatan dan kompetensi inti yang dimiliki.

Read :  7 Pertanyaan Interview Marketing yang Harus Disiapkan

Pada lima tahun mendatang, saya ingin melihat diri saya sebagai manajer atau pemimpin tim. Selama tahun-tahun berproses, saya berharap pengalaman dan keterampilan teknis dan soft skills saya meningkat. Bahkan, saya memiliki keterampilan teknis baru.”

3. Apa Tanggung Jawab Peran IT Support?

Pertanyaan ini secara khusus ditujukan untuk mengukur tingkat pemahaman kandidat terhadap peran dan tugas IT Support. Perusahaan hanya akan merekrut orang kompeten yang memahami fungsi perannya dengan baik.

Seorang IT Support memiliki tanggung jawab untuk menangani sistem komputer, termasuk jaringan, perangkat keras, dan perangkat lunak komputer. Peran ini juga bertugas untuk melakukan pembaruan sistem atau membuat perubahan apa pun pada perangkat lunak.

4. Tantangan Apa yang Anda Harapkan dalam Peran Ini?

Profesi IT Support membutuhkan orang yang terdorong oleh tantangan dan senang menghadapi tantangan. Jawabanmu atas pertanyaan interview IT Support ini menunjukkan kepada recruiter apakah kamu orang yang cocok untuk posisi itu atau tidak.

Saya yakin dengan keterampilan dan fleksibilitas yang saya miliki, saya dapat menangani berbagai tugas yang menantang di peran ini. Saya berharap untuk menemukan berbagai pengalaman dan keterampilan baru dari peran ini.

5. Bagaimana Langkah-langkah Anda dalam Memecahkan Masalah Teknis?

Pertanyaan interview IT Support ini digunakan untuk menunjukkan keakraban kandidat terhadap pekerjaan IT Support. Buatlah daftar langkah yang tepat menjadi serangkaian prosedur.

Dalam memecahkan masalah teknis saya biasa memulainya dengan memahami masalahnya terlebih dahulu. Kemudian, saya akan menemukan jawaban dan memperbaiki masalah tersebut dengan solusi yang alternatif. Setelah menerapkan rencana, saya lalu menindaklanjuti solusi tersebut hingga selesai.

6. Bagaimana Anda Mengembangkan Keterampilan Teknis Anda?

Teknologi bergerak maju. IT Support dituntut untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan teknis mutakhir seiring dengan perkembangan teknologi informasi.

Read :  5 Pertanyaan Interview untuk Posisi Quality Control (QC)

“Untuk mengembangkan keterampilan teknis, saya menginvestasikan waktu secara rutin untuk menjelajahi tren teknologi terbaru, membaca artikel yang berhubungan dengan industri teknologi, menghadiri konferensi teknis, dan mengikuti kelas pelatihan/lokakarya yang mendukung pengembangan skill saya.”

7. Menurut Anda, Kualifikasi Apa yang Harus Dimiliki oleh IT Support?

Pertanyaan interview IT Support ini bertujuan untuk mengetahui apakah kandidat memahami berbagai keterampilan ideal yang harus ada dalam diri IT Support. 

Menurut saya seorang IT Support harus memiliki keterampilan teknis di bidang teknologi informasi. Selain keterampilan teknis, keterampilan non-teknis juga penting dalam peran ini. Misalnya keterampilan problem solving, komunikasi yang baik, kerja sama tim, dan disiplin pada tenggat waktu.

8. Tools Wajib Apa yang Sering Anda Gunakan?

HRD menggunakan pertanyaan interview it support ini untuk mengetahui kemahiran kandidat dalam mengoperasikan tools penting di bidang ini. Pastikan kamu menjawab pertanyaan ini dengan berfokus pada dirimu, bukan anggota tim lainnya.

Menurut saya seorang IT Support harus mahir dalam mengoperasikan beberapa tools wajib untuk membantu pemecahan masalah. Antara lain, Bootable Software, Operating systen ISO Images, Network Scanner, Network Analysis, Antivirus, Malware dan Adware Removal Tools, Hard Drive, dan Password Reset Tool .

Tertarik bekerja di kantor Financial Technology? Dapatkan berbagai informasi lowongan kerja IT Support di situs Karir.com. Buat akun Karir kamu dan kirim lamaran ke perusahaan favoritmu sekarang juga!

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.