Interview

7 Pertanyaan Interview Marketing yang Harus Disiapkan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ketika memikirkan wawancara pemasaran, apakah kamu cemas memikirkannya? Interview untuk posisi marketing kerap tidak bisa diprediksi. Namun dengan persiapan wawancara dasar, kamu akan siap mengesankan pewawancara. Inilah 7 pertanyaan interview marketing yang akan mengantarkan kamu menuju karir marketing impianmu!

Pertanyaan Interview Marketing

Apa saja pertanyaan interview marketing? Persiapkan wawancara posisi marketing dengan menggunakan pertanyaan dan jawaban ini.

1. Mengapa Anda Tertarik Berkarir di Bidang Marketing?

Apa yang membuatmu tertarik di bidang marketing? Ini adalah pertanyaan interview marketing pembuka yang memberitahu tentang antusiasme berkarir di bidang marketing. Kamu dapat mengatakan dengan jujur tentang apa yang menginspirasi kamu mengejar karir marketing.

Saya memulai bisnis saat kuliah dengan membuat channel digital marketing dan materi promosi bisnis lokal. Dari sana saya melihat banyak peluang kemajuan karir dan ruang untuk pertumbuhan di bidang marketing. Pekerjaan marketing menarik dan tidak monoton. Saya dapat belajar hal baru untuk mengekspresikan kreativitas. Pengalaman dan latar belakang pendidikan saya membuat saya selalu bersemangat untuk wawancara marketing.

2. Menurut Anda, Apa Saja Tiga Keterampilan Penting untuk Berkarir di Bidang Marketing?

Pertanyaan interview marketing ini diajukan pewawancara untuk menilai apakah kandidat memahami keterampilan apa yang perusahaan cari dari dalam diri seorang kandidat. Kuncinya, jawablah dengan merujuk pada keterampilan yang diuraikan di iklan lowongan kerja marketing.

Read :  Kenali Tugas dan Skill Profesi Budget dan Reporting Specialist

Seorang marketer perlu memiliki keterampilan komunikasi yang hebat. Pemasaran yang sukses selalu mendorong percakapan dan interaksi yang bermakna. Inilah mengapa keterampilan komunikasi termasuk storytelling dan copywriting sangat penting. Memiliki kreativitas dan kolaborasi yang kuat juga akan membantu dalam karir marketing.

3. Saluran Pemasaran Apa yang Paling Efektif untuk Bisnis?

Perusahaan mencari marketing yang familiar dengan semua saluran pemasaran digital. Pertanyaan interview marketing ini mungkin menyoroti saluran pemasaran yang kandidat kuasai. Pastikan kamu memberi jawaban yang sesuai dengan relevansi saluran pemasaran digital yang digunakan perusahaan.

Media sosial dapat menjadi alat pemasaran yang efektif untuk bisnis. Ini adalah alat untuk menumbuhkan audiens dengan konten promosi sekaligus menangani keluhan pelanggan. Saya cukup familiar menggunakan media sosial secara profesional termasuk iklan di media sosial.

4. Bagaimana Anda Mengukur Keberhasilan Kampanye?

Saat menjawab pertanyaan interview marketing ini berhati-hatilah dalam menjaga kerahasiaan perusahaan sebelumnya. Pewawancara ingin mencari tahu bagaimana kamu menerapkan strategi marketing dan mengevaluasinya untuk kemajuan di kampanye berikutnya.

Setelah menjalankan kampanye, saya selalu mengukurnya dengan metrik pendukung kampanye di antaranya, prospek, peningkatan penjualan, ROI, dan tingkat akuisisi pelanggan. Saya juga mengidentifikasi komponen lainnya dengan metode 4P (produk, harga, tempat dan promosi).

5. Bagaimana Anda Tetap Up to Date dengan Tren Marketing?

HRD ingin tahu apakah kamu cukup termotivasi untuk menjaga pengetahuan dan keterampilan di bidang marketing tetap mutakhir.

Untuk tetap up to date saya berlangganan buletin dari beberapa blog pemasaran. Saya juga suka membaca buku-buku pemasaran dari ahli di bidang pemasaran seperti karya Philip kotler, Dan Ariely, dan Daniel Kahneman. Saya menyadari pemasaran digital terus berkembang. Saya mempelajari tentang itu dari Youtube dan komunitas Digital Marketing di media sosial.

Read :  Tertarik Berkarier di Bidang Big Data? Jadilah Business Analyst!

6. Gaya Manajemen Apa yang Anda Sukai?

Dalam menjawab pertanyaan interview marketing ini pastikan kamu tetap profesional, tenang, dan diplomatis. Beri recruiter wawasan tentang gaya manajemen yang kamu sukai saat bekerja.

Saya lebih suka diberi ruang untuk mengerjakan pekerjaan saya sendiri. Namun ini tidak berarti saya ingin manajer saya lepas tangan. Justru sebaliknya, saya menyukai feedback yang diberikan untuk kemajuan saya.

7. Seberapa Akrab Anda dengan Target Pasar Kami?

Untuk menjawab pertanyaan interview marketing ini kamu perlu memerlukan riset tentang perusahaan. Kunjungi website perusahaan, media sosial, atau berita terbaru yang dimuat media untuk mendapat wawasan tentang produk, layanan, dan target pasar perusahaan.

Berdasarkan riset yang saya lakukan, saya memahami bahwa target dari perusahaan ini adalah perempuan kategori remaja dan dewasa muda. Situs web dan media sosial brand ABC menawarkan pengalaman belanja yang menyenangkan bagi perempuan, dengan banyak influencer perempuan hebat di dalamnya.”

Semoga rekan Karir sukses dengan wawancara berikutnya! Ingin memperbesar peluang? Ada banyak perusahaan sedang merekrut kandidat di bidang pemasaran! Kunjungi situs kami untuk lihat lowongan kerja marketing terbaru.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.