Interview

5 Pertanyaan Interview untuk Posisi Quality Control (QC)

Pinterest LinkedIn Tumblr

Jika Anda bekerja di bagian produksi tentu tidak asing lagi dengan istilah Quality Control (QC). Posisi Quality Control (QC) sangat penting untuk membangun bisnis yang sukses. Peran penting QC di antaranya mendorong kesadaran kualitas, kepuasan konsumen, pengurangan biaya produksi, dan pemanfaatan sumber daya yang paling efektif. 

Mengingat peran sentral yang dijalankan, banyak perusahaan mencari kandidat potensial untuk posisi QC. Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi 5 pertanyaan interview posisi QC yang memberi wawasan untuk dipraktikkan saat wawancara kerja.

Pertanyaan Interview Posisi QC

Apa saja pertanyaan pada saat interview kerja? Inilah daftar 5 pertanyaan interview posisi qc yang mungkin ditanyakan pewawancara saat interview.

1. Dapatkah Anda Menjelaskan Tahapan Prosedur Pengendalian Mutu Standar?

Quality Control memerlukan sejumlah langkah berbeda, bergantung kualitas dan evaluasi yang dilakukan. Kamu dapat menjawab pertanyaan teoritis ini dengan mengidentifikasi dua tahap Quality Control dan merujuk langkah spesifik kedua tahap itu. 

Quality Control terdiri dari dua tahap. Fase pertama, penetapan standar kualitas produk yang terdiri dari penetapan persyaratan, desain dan kode produk dan rencana untuk pengujian. Tahap berikutnya pengujian. Pada tahap kedua ini saya menguji unit, sistem dan integrasinya serta fungsi produk dan penerimaan pengguna,  untuk memenuhi standar di seluruh pengembangan produk.

2. Apa Kualitas Terpenting yang Dibutuhkan bagi Quality Control?

Pewawancara mengajukan pertanyaan interview posisi QC ini untuk mengetahui apakah kandidat memiliki sikap yang tepat untuk pekerjaan itu. Cobalah fokus dengan kualitas yang penting bagi QC dan tunjukkan bahwa kamu memiliki kualitas tersebut.

Read :  Social Media Manager: Tugas dan Keterampilan yang Dibutuhkan

Menurut saya, salah satu kualitas yang penting bagi Quality Control adalah perhatian terhadap detail. Seorang QC harus dapat melihat produk dengan cermat dan teliti. Ini penting untuk menilai dan memastikan apakah produk memenuhi  standar yang ditetapkan. Kualitas lain yang dibutuhkan adalah keterampilan komunikasi karena posisi QC bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi ke setiap sektor terkait, termasuk manajer, pekerja pabrik, dan pelanggan.

3. Bagaimana Anda Menghubungkan Antara Quality Control dan Quality Assurance?

Pertanyaan interview posisi QC ini digunakan untuk menilai pemahaman tentang perbedaan antara pengendalian kualitas dan jaminan kualitas. Jelaskan bagaimana kedua fungsi ini bekerja sama untuk memastikan kualitas produk.

Quality Control untuk memastikan jaminan kualitas. Kontrol kualitas melibatkan pemeriksaan produk untuk cacat atau inkonsistensi sebelum mengirimkannya ke pelanggan. Jaminan kualitas mengacu pada seluruh proses untuk memastikan produk perusahaan memenuhi harapan pelanggan. Ini termasuk kontrol kualitas tetapi melampaui itu.

4. Jelaskan Pengalaman Anda Menggunakan Perangkat Lunak Quality Control!

Pertanyaan ini digunakan pewawancara untuk mendapatkan pemahaman tentang tingkat keahlian kandidat. Saat menjawab pertanyaan interview posisi QC ini, jelaskan software yang telah kamu gunakan, manfaatnya, dan kelebihannya.

Saya telah bekerja untuk dua perusahaan berbeda yang keduanya menggunakan MasterControl. Sistem perangkat lunak ini terdiri dari kontrol berkas, manajemen audit mutu, tindakan korektif dan pencegahan, otomatisasi proses berbasis formulir, dan training management. Ini sangat membantu pekerjaan saya terutama untuk keperluan manajemen.

5. Apa yang Membuat Anda menjadi Kandidat Terbaik?

Pertanyaan interview posisi QC ini diajukan pewawancara untuk mempelajari mengapa kamu cocok untuk posisi ini dan bagaimana kamu berkontribusi pada perusahaan. Soroti pengalaman dan keterampilan keunggulan kamu yang relevan dengan posisi QC.

Read :  Tugas dan Tools yang Digunakan Social Media Specialist

Saya telah bekerja di dua perusahaan dengan total pengalaman selama enam tahun. Saya telah berpengalaman untuk memastikan produk memenuhi standar yang ditetapkan. Saya yakin saya dapat berkontribusi di perusahaan ini seperti pekerjaan saya sebelumnya. Saya percaya diri dengan keterampilan komunikasi saya. Saya juga sangat terorganisir dan berorientasi pada detail, yang membantu saya tetap fokus selama shift panjang. Inilah yang membuat saya dapat menjadi kandidat terbaik untuk pekerjaan ini.”

Temukan pekerjaan ideal bersama Karir.com.  Kami menawarkan kepada kamu akses ke database lowongan pekerjaan yang ekstensif di Indonesia, termasuk lowongan kerja Quality Control. Lihat daftar pekerjaan terbaru yang merekrut talenta di seluruh spesialisasi: Akuntansi & Keuangan, Perbankan & Layanan Keuangan, Manajemen Umum,  Sumber Daya Manusia,  Teknologi Insformasi, Penjualan, dan  Pemasaran.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.