Profesi

Apa Itu PHP Developer dan Bagaimana Prospek Karirnya?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mengembangkan situs web menjadi prioritas bisnis belakangan ini. Bahasa pemrograman PHP adalah bahasa yang paling umum digunakan dalam pengembangan situs web dan aplikasi web. Pemrograman PHP dapat digunakan untuk mengelola konten dinamis, e-commerce, database, atau session tracking. Oleh karena itu, PHP Developer menjadi salah satu profesi yang populer di bidang IT. 

Apa yang Dimaksud dengan PHP dan Fungsinya?

PHP adalah kepanjangan dari Hypertext Preprocessor. Ini adalah bahasa skrip yang disematkan ke dalam dokumen HTML. Banyak situs web dan layanan terkenal memanfaatkan PHP. Mengutip Datanyze, market share PHP mencapai 30,16% dengan jumlah 10,087,936 website.

Kenapa harus pakai PHP? Situs-situs ternama seperti Wikipedia dan Facebook di beberapa bagiannya dibangun dengan menggunakan PHP. Bahkan situs apapun yang dibangun dengan WordPress, Magento, Drupal, dan Joomla juga dibangun dengan PHP. Seiring berkembangnya waktu, PHP menjadi bahasa pemrograman yang banyak didukung komunitas.

Popularitas PHP ini di antaranya karena PHP dapat diintegrasikan ke dalam platform Windows, Linux, dan MacOS. Bahasa pemrograman PHP juga mudah kompatibel dengan sistem manajemen database dan database open source lainnya, seperti  MySQL, Postgress, Oracle, dan Sybase. Tidak hanya itu, PHP telah kompatibel dengan integrasi perangkat lunak sumber terbuka, seperti Drupal, Joomla, Typo3, dan osCommerce.

Apa Itu PHP Developer dan Bagaimana Prospek Karirnya?

Dalam bahasa yang sederhana, PHP Developer adalah pengembang web backend yang berspesialisasi dalam PHP. Tugas paling umum yang dikerjakan oleh pengembang web berbasis PHP adalah menghubungkan aplikasi dengan layanan pihak ketiga, dan memastikan pertukaran data berjalan yang mulus antara server dan pengguna. 

Read :  Quality Assurance: Skill Wajib yang Harus Dimiliki Seorang Quality Assurance

Bagaimana prospek karir PHP Developer? PHP menawarkan lebih banyak keuntungan yang membuatnya diakses banyak orang karena keamanan, kecepatan, dan dapat diandalkan. Mengingat hal ini, PHP Developer dapat menjadi pilihan karir yang hebat dan menjanjikan selama bertahun-tahun mendatang.

Tugas PHP Developer

PHP Developer umumnya akan menjadi bagian dari tim Full Stack Developer. Tim ini bertanggung jawab atas semua aspek pengembangan perangkat lunak, mulai dari spesifikasi awal, pengembangan, pengujian, hingga peluncuran. Rincian tugas dan tanggung jawab PHP Developer sebagai berikut.

1. Menganalisis Kebutuhan Website dan Aplikasi

Pengembang web berbasis PHP membangun aplikasi yang canggih dan inovatif untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Berkolaborasi dengan tim User Experience (UX). Mereka melakukan analisis kebutuhan pelanggan terhadap website atau aplikasi yang dikembangkan. Analisis ini akan menghasilkan spesifikasi rinci yang digunakan dalam pengembangan aplikasi dan website. 

2. Menulis Kode Backend yang Dirancang dengan Baik

PHP Developer bertanggung jawab untuk menulis kode backend yang bersih dan dirancang dengan baik. Bukan hanya PHP, mereka juga memastikan kode HTML, CSS, dan Javascript yang dibagikan di seluruh aplikasi valid dan konsisten. Secara keseluruhan modul PHP yang dibangun harus seefisien mungkin.

3. Mengembangkan Aplikasi PHP Berbasis Web

Sebagai pengembang, mereka terlibat dalam seluruh siklus pengembangan aplikasi web, mulai dari konsep hingga peluncuran. Mereka harus mengembangkan aplikasi web berbasis PHP dengan database yang dioptimalkan. Untuk meningkatkan API layanan data, mereka memanfaatkan layanan data backend. Selain melakukan peningkatan, mereka juga melakukan pemeliharaan dan penskalaan dengan mengoptimalkan basis kode yang ada.

4. Menguji Kualitas Fitur Aplikasi

Melakukan pengujian kualitas aplikasi menjadi tugas pengembang web berbasis PHP. Bagaimana mereka melakukanya? Dengan menggunakan tes pengembangan dan tes penerimaan yang digerakkan oleh tes untuk memastikan kualitas fitur. Hasil pengujian memungkinkan mereka memperbarui atau mengubah fitur aplikasi untuk meningkatkan kinerja aplikasi. 

Read :  Tertarik Berkarier di Bidang Big Data? Jadilah Business Analyst!

5. Menyelesaikan Masalah Aplikasi dan Kode

Tugas PHP Developer adalah melakukan pengembangan, pengujian, pemeliharaan, dan pemecahan masalah perangkat lunak dan basis data produk inti. Berkolaborasi dengan tim internal, mereka mengumpulkan persyaratan untuk mengembangkan solusi masalah teknis yang ada. Tujuannya tidak lain untuk memastikan pengoptimalan dan fungsionalitas aplikasi yang kuat. 

Gaji PHP Developer

Berapa gaji programmer PHP? Berdasarkan situs Indeed, gaji rata-rata PHP Developer di Indonesia adalah Rp 6.225.699 per bulan. Empat kota dengan gaji terbesar per bulan untuk posisi ini, antara lain Bandung (Rp 6.593.709), Tangerang (Rp 6.249.976), Jakarta (Rp 5.740.709), dan Surabaya (Rp 5.656.312).

Lowongan Kerja PHP Developer

Untuk mengetahui lowongan kerja PHP Developer, kunjungi situs Karir.com atau klik di sini. Daftar sekarang dan dapatkan rekomendasi pekerjaan berdasarkan profil profesional kamu!

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.