Profesi

8 Prospek Kerja Bisnis Digital yang Menjanjikan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Prospek kerja Bisnis Digital tidak kalah dengan jurusan populer lainnya. Meski terbilang baru, jurusan Bisnis Digital menawarkan prospek kerja yang menjanjikan. Apa saja prospek kerja bisnis digital? Karir.com telah merangkum 

Apa Itu Jurusan Bisnis Digital?

Jurusan Bisnis Digital adalah jurusan yang membekali mahasiswanya untuk merancang dan mengembangkan bisnis dengan teknologi digital. Jurusan ini merupakan perpaduan antara ilmu bisnis, manajemen, sistem informasi, dan teknik informasi. Setelah lulus, alumni jurusan ini diharapkan dapat membangun bisnis digital secara mandiri atau memenangkan peluang karier di bidang  digital.

Jurusan Bisnis Digital di Indonesia terbilang baru. Jurusan ini hadir akibat transformasi digitalisasi yang makin merambah ke dunia bisnis. Kampus yang menyediakan jurusan Bisnis Digital antara lain, Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Jakarta, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Binus University, Universitas Prasetiya Mulya, dan Universitas Katolik Parahyangan. 

Prospek Kerja Bisnis Digital

Apa yang Dipelajari di Bisnis Digital? Selama perkuliahan, jurusan Bisnis Digital membekali mahasiswanya berbagai ilmu yang berkaitan dengan big data, startup digital, e-commerce, user experience, programming, Artificial Intelligence (AI) hingga web & mobile technology.  Lulusan Bisnis Digital memperoleh gelar Sarjana Bisnis Digital (S.BD). Lantas lulusan Bisnis Digital kerja apa? Berikut 8 prospek kerja bisnis digital!

1. Data Analyst

Data Analyst banyak dibutuhkan industri teknologi digital seperti startup. Profesi Data Analyst bertugas untuk menganalisis data dan menerjemahkan data tersebut ke dalam laporan yang bisa dipahami oleh manajemen. Menurut situs Indeed, gaji rata-rata Data Analyst berkisar Rp 4,760,628 per bulan.

Read :  Kenali Jenjang Karir di Bank yang Menjanjikan

2. Data Scientist

Untuk menjadi seorang Data Scientist, dibutuhkan keahlian dalam bidang coding dan mathematical modeling. Profesi Data Scientist hampir serupa dengan Data Analyst. Namun tugas dan tanggung jawab Data Scientist tidak hanya melakukan analisis data dan riset data. Mereka juga memberikan rekomendasi untuk pengembangan bisnis dengan memanfaatkan metode statistik.

3. Digital Business Analyst

Digital Business Analyst adalah profesi yang membantu bisnis mengoptimalkan kinerja digital perusahaan. Fokus Digital Business Analyst terbagi menjadi dua jenis yaitu Ahli Strategi Digital Business Analyst, dan Specialist Digital Business Analyst. Menurut situs Salary gaji Analis Bisnis Digital berkisar antara $66.099 dan $113,914.

4. Financial Technology Analyst

Tugas Fintech Analyst adalah mengidentifikasi, mengembangkan, dan menerapkan metrik untuk menjawab pertanyaan bisnis utama. Mereka harus memahami tantangan bisnis, dan menyediakan data/analisis untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. Kepada para pemimpin senior, mereka akan mengkomunikasikan analisis dan wawasan yang kompleks secara lisan maupun tertulis.

5. Marketing Analyst

Marketing Analyst bertanggung jawab untuk melakukan riset tren dan kondisi pasar, menganalisis kompetitor, dan mempelajari perilaku konsumen dengan tujuan untuk penjualan produk. Selain itu tugas Marketing Analyst menentukan harga,  lokasi pendistribusian dan produk/jasa yang paling sesuai dengan target pasar.

6. Start-up Consultant

Startup Consultant adalah profesi yang membantu pengembangan bisnis startup. Mereka menyediakan jasa konsultasi, dan memberikan rekomendasi mengenai persaingan dan kebutuhan industri, efisiensi biaya, kondisi internal startup, serta perencanaan strategis yang mendorong pertumbuhan bisnis startup.

7. Business Intelligence Analyst

Business Intelligence Analyst adalah profesi yang bertanggung jawab untuk melakukan analisa informasi yang berhubungan dengan performa dan metrik bisnis suatu perusahaan. Profesi ini bekerja untuk menghasilkan keputusan strategi bisnis berdasarkan data.

Read :  Tugas Quality Assurance dan Metode yang Digunakan

8. Business Intelligence Manager

Business Intelligence Manager adalah profesi yang bertanggung jawab untuk memimpin proyek bisnis dan mengawasi pembuatan dan pemeliharaan wawasan berbasis data. Bersama tim analisis, mereka mengumpulkan, mengatur, dan menganalisis data dalam jumlah besar untuk menghasilkan laporan dan visualisasi yang menginformasikan strategi bisnis. Para Business Intelligence Manager kemudian melakukan penyempurnaan proses yang dilakukan oleh tim analisis agar menghasilkan hasil berkualitas tinggi. 

Prospek kerja Bisnis Digital sangat menjanjikan di masa sekarang dan masa mendatang. Lulusan Bisnis Digital banyak dibutuhkan terutama di perusahaan yang bergerak di bidang digital. Apakah kamu tertarik bekerja di bisnis digital seperti startup? Tingkatkan peluang karir kamu melalui situs Karir.com. Ada banyak lowongan kerja bisnis digital yang menawarkan benefit menarik dan bisa kamu lamar sekarang juga!

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.