Tips Karir

Profesi Data Analyst, Talenta Digital yang Banyak Dicari

Pinterest LinkedIn Tumblr

🎯 Data Analyst adalah seseorang dengan Jobs Desk atau Tugas untuk melakukan analisis dan riset data guna menginformasikan kesimpulan demi mendukung pengambilan keputusan dalam bisnis

Karir.com

Data Analyst adalah sebuah profesi yang membutuhkan keahlian khusus. Permintaan tenaga kerja bertalenta teknologi digital, seperti Data Analyst diproyeksikan meningkat terutama di startup.

Profesi akan dibutuhkan perusahaan untuk meningkatkan kinerja bisnisnya dalam digitalisasi. Karir.com telah merangkum penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

🤑 Berapa Gaji Data Analyst?

Gaji Data Analyst di Indonesia menurut Indeed sebesar Rp 4,616,559 per bulan. Salary Explorer menyebutkan bahwa rata-rata gaji Data Analyst di Indonesia berkisar Rp 11.000.000 per bulan. Dengan gaji terendah yang diperoleh sebesar Rp 5.190.000 per bulan, sedangkan gaji tertingginya mencapai Rp 17.400.000 per bulan.

Berapa gaji Data Analyst berdasarkan pengalaman kerja yang dimiliki? Gaji Data Analyst pemula dengan pengalaman antara 0 hingga 2 tahun berkisar Rp 5.980.000 per bulan. Gaji ini lebih tinggi dengan rata rata gaji UI/UX designer di Indonesia yang berkisar di angka Rp 5.090.000

Lalu bagaimana dengan gaji Senior Data Analyst? Data Analyst senior memperoleh bayaran lebih dari 10 juta per bulan. Rincian gaji Data Analyst berdasarkan pengalaman sebagai berikut.

Pengalaman KerjaGaji Data Analyst/Bulan
0 – 2 Tahun:Rp 5.980.000
2-5 Tahun:Rp 8.250.000
5-10 Tahun:Rp 11.700.000
10-15 Tahun:Rp 14.300.000
15-20 Tahun:Rp 15.100.000
20+ Tahun:Rp 16.500.000
Gaji Data Analyst

Itulas prospek kerja data analyst di Indonesia..

Read :  Apa Itu Sales GT dan MT

Apa Saja Jobs Desk Data Analyst?

Data Analyst mengambil peran pekerjaan yang berhubungan dengan semua jenis data termasuk angka penjualan, margin keuntungan, riset pasar, inventaris, serta biaya logistik dan transportasi.

Berdasarkan data yang ada, Data Analyst memproyeksikan harga produk, pangsa pasar, waktu penjualan, dan prakiraan lain yang akan membantu bisnis perusahaan.

Secara keseluruhan, pekerjaan Data Analyst berkaitan dengan masalah teknis perusahaan yang mesti dijawab dengan data. Mereka melakukan pengumpulan data, analisis data, dan melaporkan hasil tersebut.

💪Tugas Data Analyst

1. Menganalisis Data

Seperti namanya, tugas Data Analyst yang utama adalah menganalisis data. Sebelum menganalisis, data dikumpulkan terlebih dahulu. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik. Kemudian mereka melakukan pelaporan perihal data tersebut.

2. Mengembangkan Sistem Database

Database adalah sekumpulan data yang tersimpan secara sistematis dan terintegrasi. Manfaat database salah satunya menghindari redudansi data. Data Analyst bertugas mengembangkan dan mengimplementasikan sistem database.

3. Menerima dan Memelihara Data

Data Analyst memperoleh berbagai jenis data, termasuk data sekunder dan data primer. Peran ini bertanggung jawab penuh terhadap pemeliharaan data perusahaan yang diperolehnya. Mereka juga melakukan penyaringan dan pembersihan data untuk pengoptimalan database.

4. Merencanakan Prioritas Kebutuhan Bisnis dan Informasi

Data Analyst bekerja sama dengan manajemen untuk menentukan prioritas kebutuhan bisnis dan informasi. Melalui analisis datanya, mereka menafsirkan tren atau pola dalam kumpulan data yang kompleks.

📚 Syarat Jadi Data Analyst

Pengalaman kerja sebagai Data Analyst seringkali menjadi persyaratan dalam melamar pekerjaan ini. Data Analyst umumnya adalah lulusan Matematika, Ekonomi, Ilmu Komputer, Manajemen Informasi atau Statistik. Mereka dinilai mahir dalam menganalisis data, menulis laporan, dan mempresentasikan temuan data.

Read :  Promosikan Diri Anda dengan 3 Cara Ini

Keahlian teknis mengenai model data, pengembangan desain basis data, penambangan data, dan teknik segmentasi menjadi persyaratan wajib untuk bisa menjadi Data Analyst. Beberapa keahlian non-teknis juga diperlukan untuk bisa melakukan peran ini dengan baik.

📚 Skill yang Harus Dimiliki Data Analyst

Hard Skill Data analyst

Keahlian teknis seorang Data Analyst meliputi pengembangan sistem database (SQL) dan menguasai bahasa pemrograman (Phyton, XML, Javascript, atau ETL frameworks). Data Analyst juga harus memiliki pengetahuan dan pengalaman menganalisis kumpulan data melalui paket statistik (Excel, SPSS, dan SAS). Hard skill lain yang harus dimiliki adalah kemampuan mengoperasikan Adobe Campaign untuk mengirimkan campaign antar jaringan.

Soft Skill Data Analyst

Keahlian non-teknis yang harus dimiliki seorang Data Analyst adalah kemampuan untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan mendistribusikan sejumlah informasi secara detail dan akurat.

Dengan kata lain, Data Analyst dituntut menjadi orang yang berorientasi pada detail dan akurasi. Cara berpikir yang logis dan metodis juga berperan dalam membantu peran mereka dalam menganalisis data secara rapi. Data Analyst bekerja sama dengan berbagai pihak, oleh karena itu mereka dituntut dapat bekerja sama dengan baik.

Bonus : Contoh CV Data Analyst Bahasa Inggris

source : cakeresume

🎯 Lowongan Data Analsyt

Tertarik menjadi Data Analyst? atau sedang mencari peluang pekerjaan Data Analyst yang menarik? Kunjungi situs Karir.com dan dapatkan lowongan Data Analyst yang menjanjikan. Lamar sekarang juga!

Temukan berbagai lowongan IT lain lain pekerjaan impianmu dari seluruh Indonesia sekarang. Hanya di Karir.com kamu dapat menemukan semua kebutuhan sebagai pencari kerja. Mulai dari ribuan lowongan pekerjaan, kamu juga bisa mengikuti berbagai macam tes untuk mengukur kemampuan kamu.

Sign Up di Karir.com

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.