Prospek Jurusan

Prospek Jurusan Ilmu Perpustakaan: Sedikit Peminat, Besar Peluangnya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Prospek kerja ilmu perpustakaan dinilai kurang menjanjikan dan tidak memiliki jenjang karir. Bahkan ada saja pandangan bahwa jurusan ilmu perpustakaan prospek kerjanya hanya menjaga perpustakaan. Banyaknya anggapan buruk ini membuat jurusan ilmu perpustakaan sedikit diminati.

Jurusan ilmu perpustakaan termasuk jurusan yang interdisiplin. Materi perkuliahan yang dipelajari jurusan ini tidak sebatas mempelajari tata cara pengelolaan perpustakaan meliputi penyimpanan buku, dokumen, sistem pengarsipan dan informasi yang memudahkan pengunjung  dengan baik dan benar. Namun juga bagaimana mengolah, mengelola dan mendiseminasikan informasi.

Materi yang dipelajari selama perkuliahan diharapkan mendukung para lulusan jurusan ilmu perpustakaan dalam dunia kerja. Umumnya lulusan jurusan ilmu perpustakaan memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait kemampuan manajerial, analisis, berpikir sistematis, dan kemampuan dasar teknologi informasi dan komputer.

Prospek kerja jurusan ilmu perpustakaan bukan hanya erat dengan dunia perbukuan semata. Prospek jurusan ilmu perpustakaan cukup luas, mengingat jurusan ini termasuk jurusan yang interdisiplin.

Bidang pekerjaan yang dapat menjadi prospek jurusan ilmu perpustakaan antara lain terdapat di lembaga pemerintah, dan perusahaan di bidang teknologi, keuangan, atau layanan masyarakat.

Prospek Kerja Ilmu Perpustakaan

1. Data Scientist

Harvard Business Review menyebutkan bahwa data scientist adalah profesi yang seksi pada abad 21. Senada dengan hal tersebut, World Economic Forum (WEF) melalui Future of Jobs Survei 2020 memprediksi bahwa profesi data scientist menjadi salah satu profesi yang bersinar pada tahun 2025. Profesi data scientist berhubungan erat dengan data dan semakin populer seiring dengan perkembangan transformasi digital.

Data scientist merupakan orang yang bertugas untuk mengubah sekumpulan data menjadi format yang mudah dibaca. Dalam pekerjaannya dari kumpulan data yang ada, data scientist akan menemukan pola sehingga bisa menarik hipotesis.

Read :  Tips Sukses Berkarir di Jakarta!

Tidak jauh berbeda dengan data analyst, data scientist membutuhkan keterampilan memahami teknik pengolahan data, menganalis, dan menafsiran data menjadi hipotesis yang mudah dipahami. 

2. Staf Administrasi

Selain menjadi staf pengarsipan, prospek jurusan ilmu perpustakaan lainnya adalah staf administrasi. Umumnya pada semester 1, jurusan ilmu perpustakaan akan belajar tentang administrasi perkantoran. Kemudian secara bertahap, jurusan ini juga mempelajari ilmu dokumentasi, manajemen informasi, dan praktikum kemas ulang informasi.

Lulusan ilmu perpustakaan berpeluang menjadi staf administrasi di institusi pemerintah, perusahaan, atau sekolah. Staf administrasi bertanggung jawab dalam pengelolaan data dan arsip kantor setempat agar mudah diakses. Mengutip lama Indeed, rata-rata gaji staf administrasi adalah 3,6 juta per bulan.

3. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Jurusan ilmu perpustakaan mempunyai peluang lebar untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Prospek kerja jurusan ilmu perpustakaan sebagai PNS berada di bawah naungan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas). Perpusnas merupakan satu dari sekian lembaga yang bekerja dan bertanggung jawab kepada pimpinan presiden. Kebutuhan formasi dari studi ilmu perpustakaan antara lain pustakawan ahli pertama dan pustakawan terampil.

4. Pustakawan

Pustakawan merupakan orang yang mempunyai kompetensi kepustakawanan baik diperoleh melalui pendidikan atau pelatihan. Profesi pustakawan bertanggung jawab untuk mengelola dan memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait perpustakaan.

Pustakawan yang bukan termasuk PNS ini dapat bekerja di sekolah atau perguruan tinggi. Tentunya dari segi dan tunjangan, pustakawan non-PNS ini cenderung lebih sedikit dibandingkan pustakawan yang berstatus PNS. Untuk gaji yang diberikan tergantung pada kebijakan setiap sekolah.

5. Arsiparis

Arsiparis merupakan orang yang ahli dan berkompeten di bidang pengarsipan. Kompetensi ini salah satunya diperoleh melalui pendidikan formal dan pelatihan kearsipan. Profesi ini termasuk Pegawai Negeri Sipil yang diangkat pejabat berwenang, baik di pemerintahan negara, daerah, maupun perguruan tinggi.

Read :  Relasi: Pengertian dan Tips Menjalin Relasi yang Baik!

Tugas dan peran yang dijalankan seorang arsiparis adalah menerima, melakukan pengarsipan dan menjaga kelestarian arsip sebagai sumber pemanfaatan yang autentik dan sah. Skills yang dibutuhkan profesi arsiparis banyak terdapat dalam diri lulusan ilmu perpustakaan. Mulai dari kemampuan manajerial, analisis, problem solving, sampai administrasi.

Nah, itulah 5 prospek jurusan ilmu perpustakaan yang dapat menjadi rekomendasi karir kamu di masa depan. Bagi yang tertarik untuk melamar di posisi tersebut, pastikan memiliki kualifikasi yang dibutuhkan.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.