Prospek Jurusan

5 Prospek Kerja Terbaik Jurusan Pariwisata

Pinterest LinkedIn Tumblr

Prospek kerja pariwisata dapat dikatakan bagus. Hal ini mengingat sektor pariwisata menjadi sektor yang potensial untuk menggerakan ekonomi bangsa.

Secara garis besar jurusan pariwisata mempelajari tentang pariwisata dan hal-hal lain yang berkaitan seperti sejarah, ekonomi, geografi, dan budaya. Jurusan pariwisata bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang hobi eksplor tempat. 

Selama perkuliahan jurusan pariwisata tidak hanya membekali lulusannya dengan pengetahuan tentang pariwisata, tetapi juga kompetensi penting untuk meniti karir.

Kompetensi soft skills yang dimiliki lulusan jurusan pariwisata mencakup keterampilan komunikasi, kemampuan berpikir kritis, bekerja dalam tim, mengelola informasi dan manajemen, serta entrepreneur skill.

Prospek kerja jurusan pariwisata terbuka lebar. Dengan peningkatan entrepreneur skill dan praktik yang berlangsung di kampus, jurusan pariwisata tidak hanya disiapkan untuk bekerja tetapi juga membuka pekerjaan baru.

Lantas apa saja prospek kerja jurusan pariwisata yang paling banyak dicari? Karir.com telah merangkumnya khusus untuk kamu.

Prospek Kerja Pariwisata

1. Event Organizer 

Salah satu prospek jurusan pariwisata yang selaras dengan keterampilan entrepreneur yang dipelajari adalah Event Organizer (EO). Masyarakat tentu tidak asing lagi dengan bisnis event organizer.

Bahkan masyarakat kerap menggunakan jasa event organizer ketika momen penting seperti pernikahan, ulang tahun atau berwisata. Bantuan EO dalam penyelenggaraan acara sangatlah membantu.

Dengan membayar jasa EO misalnya, akomodasi saat berwisata menjadi lebih mudah dan tidak ribet.

Bisnis event organizer sangat menggiurkan. Omzet kotor yang bisa mencapai ratusan juta. Tentu saja membangun event organizer tidak semudah kelihatannya.

Tim yang solid dengan ide-ide kreatif dan inovatif, serta relasi bisnis mempengaruhi jam terbang. Jurusan pariwisata yang tertarik dengan bisnis EO bisa mengasah ilmu bisnis dan manajemen yang dimiliki.

Read :  9 Prospek Menggiurkan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia

2. Content Creator

Pada era digital seperti sekarang ini, menjadi content creator dapat dengan mudah dilakukan. Content creator bekerja memproduksi konten tertulis dan visual yang melibatkan konsumen.

Pekerjaan ini membutuhkan keterampilan storytelling yang baik, dan kecakapan menghasilkan visual dan tulisan yang menarik audiens.

Produksi konten dilakukan secara rutin baik harian, mingguan, bahkan bulanan. Oleh karena itu, biasanya content creator profesional memiliki tim produksi kontennya.

Jurusan pariwisata yang hobi berpergian cocok berkarir sebagai content creator. Kamu bisa membuat konten tentang traveling di Youtube, Blog, ataupun Instagram.

Prospek karir content creator sangat menjanjikan. Content creator profesional ternama bisa memperoleh pendapatan hingga ratusan juta dalam sebulannya.

3. Tour Guide

Prospek jurusan pariwisata yang paling populer adalah tour guide atau pemandu wisata. Tour guide bertugas untuk memandu dan memberi petunjuk wisatawan selama perjalanan wisatanya.

Seorang tour guide harus memahami area tur dengan baik. Pengetahuan tersebut meliputi sejarah, landmark, adat istiadat, tokoh serta fakta daerah setempat yang penting diketahui wisatawan.

Selain pengetahuan tentang area tur, skill lain yang harus dimiliki tour guide adalah kemampuan berbahasa asing.

Statistik Indonesia menunjukkan bahwa turis asing di Indonesia banyak berasal dari Singapura, Amerika Serikat, Inggris, China, Jepang, dan Korea Selatan. Pendapatan harian seorang tour guide paling sedikitnya 200 ribu sehari, sedangkan yang terbanyak bisa mencapai 1,5 juta rupiah.

4. Konsultan Pariwisata

Konsultan pariwisata merupakan orang yang akan membantu dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata. Di tangan seorang konsultan pariwisata, sektor pariwisata akan berekspansi menjadi penggerak ekonomi, dan investasi yang potensial.

Lulusan jurusan pariwisata yang menjadi konsultan pariwisata akan menafsirkan prospek tempat wisata dan mengembangkannya melalui jaringan iklan dan pemasaran yang dimiliki. Persyaratan untuk menjadi konsultan pariwisata mencakup pendidikan, pelatihan, dan sertifikasi melalui program tertentu.

Read :  10 Prospek Kerja Teknik Informatika Terbaik dan Gajinya!

5. PNS

Pegawai Negeri Sipil yang berkaitan dengan jurusan pariwisata berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Dinas Pariwisata, Kementerian Ketenagakerjaan, dan Bappeda.

Di Kemenparekraf, jurusan pariwisata dapat melamar untuk formasi analisis pariwisata atau analisis ekonomi kreatif. Sedangkan prospek jurusan pariwisata di Kementerian Ketenagakerjaan menempati posisi instruktur pariwisata untuk melatih peserta pelatihan di Balai Latihan Kerja milik pemerintah.

Itulah 5 prospek jurusan pariwisata yang banyak dicari. Jika kamu tertarik menekuni salah satu dari profesi tersebut, segera optimalkan potensi diri kamu yuk.

Potensi diri yang berkualitas akan mengantarkan kamu kepada peluang karir yang bagus. Semoga bermanfaat ya, sobat Karir.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.