S1 Psikolog kerja apa?

Prospek kerja psikologi yang terpopuler adalah psikolog. Profesi psikolog sering sekali dianggap prospek jurusan psikologi yang paling relevan.

Hal ini dikarenakan jurusan psikologi banyak mempelajari tentang jiwa dan perilaku manusia terhadap situasi lingkungannya. Tidak mengherankan mengapa prospek jurusan psikologi identik dengan psikolog.

Pada hakikatnya lulusan jurusan psikologi mampu menganalisis dan memecahkan masalah, mengolah data, dan melakukan asesmen.

Dengan berbagai kemampuan tersebut, prospek kerja jurusan psikologi tak terbatas menjadi psikolog. Namun masih banyak yang belum mengetahui prospek kerja jurusan psikolog selain psikolog. 

Untuk menambah wawasan kamu, terutama sebagai lulusan psikologi, Karir.com telah merangkum 5 prospek kerja jurusan psikologi.

Prospek karir berikut tak kalah bagus dan menjanjikan dibandingkan dengan profesi psikolog. Simak yuk ulasan lengkapnya berikut ini!

Prospek Kerja Jurusan Psikologi

1. Human Resources Department (HRD)

Profesi HRD biasanya menjadi peluang kerja yang diincar jurusan psikologi selepas lulus. Jurusan psikologi sangat relevan dengan peran HRD.

Ilmu psikologi terutama psikologi kepribadian harus dikuasai seorang HRD. Dengan menguasai psikologi kepribadian, HRD dapat mendeteksi dan mengatur perilaku, konseling, dan melakukan tes kepribadian.

Secara umum profesi HRD berfungsi dalam pengelolaan manusia sebagai sumber daya perusahaan. HRD bekerja untuk merekrut dan mengoptimalkan SDM di perusahaan, serta mengembangkan SDM tersebut untuk mendukung pertumbuhan positif bisnis perusahaan.

Melansir situs Workable, ada berbagai peran dalam pekerjaan HR antara lain HR Executive, HR Recruiter, HR Generalist, HR Specialist, dan Senior HR Manager

2. Management Trainee

Management trainee menjadi satu dari sekian pekerjaan yang diperbincangkan akhir-akhir ini. Perusahaan membutuhkan manajerial yang memahami kondisi bisnis perusahaan.

Read :  Prospek Kerja Antropologi yang Banyak Dibutuhkan

Melalui program management trainee perusahaan mendapatkan posisi manajerial tersebut. Program pelatihan management trainee adalah program pengembangan karyawan dengan pola rekrutmen dan jalur khusus. 

Perusahaan membuka lebar kesempatan menjadi management trainee untuk semua jurusan, termasuk jurusan psikologi. Peserta pelatihan yang berhasil lolos program tersebut akan dievaluasi dan disiapkan tempat khusus di perusahaan.

Jenjang karir profesi management trainee sangat jelas. Dari segi gaji, fresh graduate yang menjadi management trainee menerima gaji rata-rata di atas 5 juta rupiah.

3. Cyber Public Relation 

Prospek kerja jurusan psikologi erat kaitannya dengan hubungan masyarakat. Profesi Public Relation (PR) adalah salah satu profesi yang berhubungan dengan masyarakat. Biasanya profesi ini diisi oleh lulusan komunikasi, namun jurusan psikologi juga sangat relevan dengan profesi ini.

Selama perkuliahannya, jurusan psikologi mempelajari psikologi komunikasi. Ilmu psikologi komunikasi sangat membantu profesi Cyber Public Relation untuk menerapkan komunikasi yang efektif dan mampu mempengaruhi opini publik.

Dengan landasan ilmu tersebut, Cyber Public Relation bukan hanya menjalankan fungsi sebagai komunikator, tetapi juga dapat mendeskripsikan, memprediksi, dan mengontrol jiwa dan perilaku publik.

4. Content Writer

Perusahaan rintisan berbasis kesehatan mental kerap membutuhkan content writer untuk meningkatkan pertumbuhan bisnisnya. Untuk melamar posisi content writer tersebut, latar belakang pendidikan psikologi biasanya menjadi syarat yang harus dipenuhi. Syarat tersebut dibuat agar konten yang dihasilkan memiliki kredibilitas. 

Lulusan psikologi yang hobi membaca dan menulis cocok menjadi content writer. Jurusan psikologi dianggap memiliki pengetahuan tentang manusia dan perilaku, sehingga konten yang dibuat melibatkan pikiran dan emosi pembaca. Namun konten tersebut juga tidak berdampak overreaction.

5.UX Researcher 

Prospek jurusan psikologi yang terakhir adalah UX Researcher. Profesi ini semakin digandrungi kaum milenial seiring berkembangnya era digitalisasi.

Read :  5 Prospek Kerja Terbaik Jurusan Pariwisata

Profesi User Experience Researcher bertanggung jawab untuk mengolah dan menganalisis informasi dari user seputar perilaku dan kebutuhan pengguna.

Dengan mengetahui perilaku dan kebutuhan pengguna, UX Researcher akan mendorong perusahaan untuk menciptakan aplikasi yang sesuai.

UX Researcher sangat penting bagi keberlangsungan bisnis. Lulusan jurusan psikologi dapat mengisi posisi UX Researcher dengan kemampuan analisis yang dimiliki.

Kelebihan lainnya, lulusan psikologi memiliki empati dari sisi target riset. Mereka akan dapat memberikan wawasan realistis tentang target pasar perusahaan.

Nah itulah 5 prospek jurusan psikologi. Ternyata prospek karir jurusan psikologi yang menjanjikan cukup beragam ya.

Tingkatkan kompetensi untuk terus membangun kualitas sumber daya manusia yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat.

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.