Prospek Jurusan

10 Prospek Kerja Teknik Informatika Terbaik dan Gajinya!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Jurusan Teknik Informatika merupakan jurusan yang banyak diminati oleh kawula muda. Prospek kerja Teknik Informatika menghasilkan pendapatan yang tinggi. Prospek kerja Teknik Informatika lekat dengan anggapan bergaji besar karena skill yang dibutuhkan tidak banyak dikuasai orang. Apa saja prospek kerja Teknik Informatika?

Prospek Kerja Teknik Informatika

Teknik Informatika mempelajari berbagai ilmu yang berhubungan dengan komputer. Mulai dari merancang, menguji, mengembangkan, hingga mengevaluasi kinerja komputer, perangkat lunak, dan sistem operasi. Berikut ini prospek kerja Teknik Informatika beserta besaran gajinya.

1. Web Developer

Web Developer adalah profesi yang bertugas membuat, mengelola, dan mengembangkan website. Untuk situs web, Web Developer terbagi menjadi beberapa posisi yaitu back-end developer, front-end developer, dan full stack developer. Rincian tugasnya terdiri dari membuat tampilan website, melakukan coding, menguji dan memecahkan masalah pada website, serta menganalisis kebutuhan pengguna. Gaji rata-rata Web Developer adalah Rp 4,473,414 per bulan.

2. Network Administrator

Network Administrator adalah profesi yang bertugas memelihara perangkat keras komputer dan perangkat lunak yang terdiri dari jaringan komputer. Profesi ini berfokus pada iintegritas keseluruhan jaringan, server penyebaran, keamanan, dan konektivitas engan pertimbangan teknis di tingkat jaringan hirarki organisasi. Sebagai Network Administrator, gaji yang bisa didapatkan berkisar Rp 5,145,228 per bulan.

3. Programmer

Pada dasarnya Programmer adalah profesi yang bertugas menciptakan sistem atau aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang dikuasai misalnya  C++ dan Java. Tugas Programmer adalah merancang dan memodelkan sistem (UML, flowchart, atau ERD), menulis kode program (HTML, CSS, dan Javascript), men-debugging program, serta menguji atau testing program. Gaji rata-rata Programmer sebesar Rp 6,092,558 per bulan.

Read :  Prospek Karir Jurusan Filsafat yang Jarang Diketahui

4. Software Engineer

Software Engineer adalah salah satu prospek kerja Teknik Informatika. Tugas Software Engineer adalah melakukan analisis, membuat rekayasa, mengimplementasikan dan memvalidasi rancangan sistem software untuk menjawab suatu permasalahan. Bahasa pemrograman yang harus dikuasai terdiri dari C++, Java, dan Python. Gaji Software Engineer berkisar Rp 6,895,080 per bulan.

5. Front End Developer

Front-end Developer bertanggung jawab untuk menghasilkan tampilan program yang diinginkan mulai dari warna, gambar, jenis dan ukuran font. Selain itu mereka juga menangani debugging, dan mengkombinasikan desain, program, dan teknologi. Gaji rata-rata Front-end Developer berkisar Rp 7,016,874 per bulan.

6. System Analyst

System Analyst memiliki peran sentral dalam pengembangan suatu sistem. Profesi ini bertugas untuk mengidentifikasi kebutuhan bisnis, mengembangkan sistem perangkat lunak, dan menjamin keamanan pada data perusahaan. Peluang karier System Analyst terbuka di berbagai perusahaan yang bergerak di bidang IT, Startup, dan lembaga konsultasi. Gaji rata-rata System Analyst adalah Rp 8,998,248 per bulan.

7. Back End Developer

Back-end Developer melakukan tugas yang berkaitan dengan perancangan database, coding, testing, dan mengatur keamanan aplikasi atau website. Ada beberapa keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi Back-end Developer terdiri dari bahasa pemrograman Back-end, framework back-end, manajemen database dan server, serta pemahaman API dan penggunaannya. Backend Developer memiliki gaji rata-rata sebesar Rp 9,245,365 per bulan.

8. Full Stack Developer

Profesi Full Stack Developer adalah posisi yang bertugas memperbaiki front-end maupun back-end sebuah aplikasi. Profesi ini mengkonversi desain ke dalam bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan XML (Front-end) dan Javascript, PHP,  Java, dan database (Back-end). Profesi ini menghasilkan gaji Rp 9,889,829 dalam sebulan.

Read :  Selain Psikolog, Ini 5 Prospek Kerja Jurusan Psikologi

9. Data Scientist

Data Scientist di antaranya bertugas mengembangkan, mengimplementasikan, dan memelihara database, serta memproses, membersihkan, dan mengintegrasikan data untuk kebutuhan bisnis. Skill yang mesti dikuasai adalah kemampuan statistik, analisis data, pemrograman, dan pemahaman bisnis. Untuk menangani data terstruktur yang ada pada database, Data Scientist harus menguasai SQL (Structured Query Language). Gaji rata-rata Data Scientist sebesar Rp 10,292,064 per bulan.

10. Konsultan IT

Konsultan IT bertanggung jawab untuk mengevaluasi sistem IT sehingga dapat mencapai tujuan bisnis yang sudah ditentukan. Profesi Konsultan IT banyak dibutuhkan oleh perusahaan IT yang menjual produk berupa software atau aplikasi. Seorang konsultan IT dapat bekerja secara independen atau menjadi bagian dari perusahaan konsultan IT. Menurut Indeed, gaji Konsultan IT bisa mencapai Rp 18,533,032 per bulan.

Itulah berbagai prospek kerja Teknik Informatika. Besaran gaji profesi di atas berdasarkan situs Indeed. Semoga informasi ini menambah wawasan kamu mengenai peluang karier lulusan Teknik Informatika. Apakah kamu membutuhkan lowongan kerja Teknik Informatika yang menawarkan gaji kompetitif? Dapatkan informasinya hanya di situs Karir.com

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.