Tips HR

6 Tren Rekrutmen 2023: Dari Talent Pool Hingga Remote Working

Pinterest LinkedIn Tumblr

Rekrutmen adalah pendekatan sistematis yang digunakan perusahaan untuk mendapatkan orang terbaik yang akan mengisi posisi tertentu. Memasuki tahun 2023, perusahaan melakukan perekrutan dan pengalaman orientasi yang positif menjadi tantangan tersendiri. 

Di dunia ketenagakerjaan sejumlah tren mulai bergerak, termasuk tren perekrutan. Dengan hanya beberapa hari tersisa menuju tahun 2023, sangat tepat bagi para HRD untuk menerapkan strategi perekrutan yang terkini.

Karir.com telah merangkum daftar prediksi praktik rekrutmen terbaik pada tahun 2023 nanti. Jadi, mari selami tren rekrutmen teratas yang dapat membantu Manajemen HRD untuk meningkatkan proses rekrutmen yang menarik demi memperoleh kandidat terbaik.

Apa yang Dimaksud dengan Rekrutmen?

Apa itu rekrutmen dan tujuannya? Menurut Cambridge University Press, rekrutmen adalah proses menemukan orang untuk bekerja di perusahaan atau menjadi anggota baru dari suatu organisasi. Dari definisi yang lain, rekrutmen adalah proses mempekerjakan orang baru untuk bekerja di perusahaan atau organisasi.

Rekrutmen bertujuan untuk memenuhi sejumlah tenaga kerja yang dibutuhkan sesuai kualifikasi dan persyaratan yang ditetapkan untuk kebutuhan seleksi. Adanya proses rekrutmen yang terbuka juga bertujuan agar perekrut memiliki kandidat yang ideal. Pemberi kerja akan mengidentifikasi kandidat yang potensial hingga akhirnya memilih kandidat yang paling ideal. 

Praktik Rekrutmen Terbaik untuk Tahun 2023

Mengutip Forbes, pada tahun 2023 praktik rekrutmen akan beralih ke rekrutmen yang lebih proaktif. Para recruiter menggunakan strategi utama yang bertujuan menemukan talenta terbaik sebelum adanya permintaan untuk mengisi sebuah posisi yang kosong. 

Read :  Mitos Dunia Kerja Yang Dihadapi Fresh Graduate

1. Membangun Branding dan Reputasi Perusahaan

Branding dan reputasi yang baik sangat penting bagi perusahaan. Survei Glassdoor menyebutkan bahwa 92% karyawan akan mempertimbangkan untuk melompat ke peluang baru dengan gaji yang sama. Tentunya, jika perusahaan tersebut memiliki reputasi yang baik. Sehingga sangat memungkinkan pada tahun 2023 nanti, perusahaan akan lebih peduli dengan kesejahteraan dan pengembangan karyawan lainnya.

2. Membuat dan Mengakuisisi Talent Pool

Apa itu rekrutmen dan proses rekrutmen? Rekrutmen adalah proses menemukan kandidat yang paling ideal sesuai spesifikasi yang dibutuhkan untuk mengisi suatu lowongan pekerjaan. Salah satu tren rekrutmen pada 2023 nanti adalah talent pool. Talent pool adalah sumber kandidat potensial yang terdefinisi dengan baik. Dengan strategi ini, para manager HRD dapat mempercepat proses perekrutan (pahami bagaimana strategi untuk membangun dan memelihara talent pool di sini). 

3. Penggunaan Otomasi Perekrutan

Otomasi rekrutmen adalah cara terbaik untuk meningkatkan proses perekrutan dengan bantuan alat dan teknologi. Beberapa alat digital dan perangkat lunak ATS yang digunakan bertujuan untuk melakukan interview digital, mengoptimalkan proses orientasi, mengelola penilaian standar, sekaligus menurunkan biaya dan meningkatkan efektivitas. Perusahaan yang berinvestasi dengan alat dan teknologi perekrutan dipercayai dapat menghemat waktu dan anggaran yang digunakan sebelumnya.

4. Munculnya Mobilitas Internal

Pada tahun 2023 nanti semakin banyak perusahaan yang meningkatkan upaya bakat internalnya. Dengan kata lain ke depannya mereka akan lebih fokus mengembangkan bakat tenaga kerja mereka saat ini. Mereka mungkin menawarkan program pelatihan dan sertifikasi untuk meningkatkan keahlian kandidat internal. Dalam banyak kasus, perusahaan juga diperkirakan membuka peran baru yang dibutuhkan demi pertumbuhan bisnis mereka di masa depan. Dan yang tak kalah penting, pengembangan jenjang karir yang dipersonalisasi menjadi lebih kuat.

Read :  Ingin Bekerja Di Perusahaan Startup? Pertimbangkan Empat Hal Ini Dulu

5. Meningkatkan Fleksibilitas Pekerjaan Jarak Jauh

Pekerjaan jarak jauh atau yang biasa disebut remote working menjadi sistem kerja yang didambakan banyak generasi milenial. Meksipun sebagian perusahaan tidak menerapkan kebijakan WFH lagi, namun fleksibilitas pekerjaan jarak jauh diprediksi menjadi lebih longgar pada 2023 nanti. Alasannya karena bisnis berusaha untuk mempertahankan bakat kandidat yang ada. 

6. Perekrutan Berbasis Kontrak dan Proyek Meningkat

Mengapa pekerjaan berbasis kontrak dan project lebih meningkat? Mengingat PHK yang terjadi di startup sepanjang tahun 2022, perusahaan mungkin berusaha mencapai tujuan dengan anggaran yang jauh lebih rendah. Ini terjadi salah satunya karena begitu banyak karyawan terampil yang mencari peluang kerja yang fleksibel, sementara pekerjaan jarak jauh yang tersedia tidak cukup banyak. 

Persiapkan dirimu untuk praktik rekrutmen terbaik. Jika kamu membutuhkan alat perekrutan berbasis online, Karir.com dapat membantu membawa orang yang paling memenuhi syarat untuk pekerjaan tertentu kepada kamu. Dan jika kamu ingin menemukan berbagai lowongan kerja terbaru, dapatkan aksesnya di sini! 

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.