Sales Assistant adalah orang yang menangani langsung sebuah toko/retail. Dalam menjalankan tugasnya, Sales Assistant dimonitoring oleh seorang manajer toko. Tujuannya agar mereka bekerja dengan kinerja yang baik dan bisa mencapai target pekerjaan mereka.

Sebenarnya apa saja tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh Sales Assistant? Apakah pekerjaan ini sama dengan peran Sales Promotion Girl (SPG)? Simak uraian pekerjaannya berikut ini supaya lebih paham ya, rekan Karir.com!

Tugas dan Tanggung Jawab

Sales Assistant adalah pekerjaan yang berperan penting di sebuah toko. Mereka akan menangani pelanggan dan melakukan kontrol dan proses transaksi yang terjadi. Detail tugas Sales Assistant adalah sebagai berikut.

1. Menjual Produk sesuai Target

Sales Assistant bertugas untuk menjual produk. Mereka memiliki tanggung jawab untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan. Sebab itu Sales Assistant haruslah berorientasi pada target. Target tersebut mencakup target individu dan target toko keseluruhan. 

2. Melakukan Promosi 

Selama melakukan penjualan, Sales Assistant mesti memperkenalkan, menawarkan, dan mempromosikan produk kepada pelanggan. Konsep promosi yang dilakukan berfokus pada pelayanan pelanggan. Sebab pelayanan yang baik dinilai bisa menghasilkan prospek penjualan.

3. Menata Produk di Toko

Sales Assistant akan berjaga di toko dan melakukan display produk. Mereka juga bertugas menata produk dan barang yang ada di toko agar tetap rapi. Pengunjung tidak akan nyaman apabila toko yang didatangi nampak berantakan.

Read :  Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Benar Via Email

4. Memberikan Pelayanan 

Sales Assistant adalah orang yang bertugas memberikan pelayanan kepada pelanggan yang datang ke toko. Mereka harus memberikan pelayanan terbaik supaya pelanggan merasa nyaman dan akhirnya tertarik membeli. Selain itu, mereka juga harus menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Tujuannya agar pelanggan selalu senang bertransaksi di toko tempatnya bekerja.

5. Melaporkan Semua Transaksi

Sales Assistant melayani setiap transaksi pelanggan selayaknya kasir. Oleh karena itu, mereka memiliki tanggung jawab untuk memberikan laporan mengenai semua transaksi pembelian pelanggan dan pada saat penutupan POS.

Jobs Desk Sales Assitant

  • Greeting customers and offering assistance
  • Recommending products or merchandise to help customers
  • Answering questions and addressing concerns
  • Informing customers about sales, promotions and policies
  • Demonstrating how products work 
  • Taking payments for purchases and packaging purchases
  • Stocking merchandise and creating displays
  • Taking inventory and monitoring sales floor 

Syarat dan Kualifikasi

Pekerjaan Sales Assistant adalah pekerjaan yang bisa dikerjakan baik oleh perempuan maupun laki-laki. Gelar pendidikan formal yang disyaratkan pun tidak terbatas pada gelar sarjana. Sebagian retail masih membuka kesempatan latar belakang pendidikan SMA/SMK untuk posisi Sales Assistant. Adapun syarat dan kualifikasi lain yang dibutuhkan meliputi:

1. Kemampuan Sales dan Marketing

Seorang Sales Assistant harus memiliki keterampilan sales dan marketing. Mereka harus mampu meyakinkan pelanggan bahwa mereka adalah orang terbaik untuk menjual produk kepada pelanggan. Hanya dengan kemampuan sales dan marketing-nya mereka bisa mendapatkan kepercayaan pelanggan.

2. Kemampuan Komunikasi

Komunikasi adalah kunci menjalin hubungan yang baik. Berkomunikasi dengan percaya diri membantu Sales Assistant memperoleh kepercayaan pelanggan untuk membeli. Pekerjaan ini membutuhkan skills komunikasi yang baik sebab Sales Assistant adalah yang berada di pintu terdepan yang menghubungkan pelanggan dengan produk.

Read :  5 Cara Mudah Bangun Pagi yang Wajib Anda Tahu

3. Memahami Kebutuhan Pelanggan

Sales Assistant harus menjadi pendengar yang aktif. Mereka dituntut untuk dapat memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan yang datang. Oleh karena itu, mereka harus cermat dan aktif untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

4. Dapat Mengoperasikan Komputer

Pekerjaan Sales Assistant melakukan tugas sebagai kasir yang melayani transaksi pembelian pelanggan. Pada masa modern seperti sekarang, transaksi dilakukan dengan bantuan teknologi. Kemampuan komputer seperti keahlian Ms. Office sangat diperlukan untuk bekerja di bagian ini. 

Kisaran Gaji

Seberapa besar gaji Sales Assistant di Indonesia? Berdasarkan situs Salary Explorer, rata-rata gaji Sales Assistant adalah Rp 6.210.000 per bulan. Ini merupakan akumulasi gaji kotor yang bisa didapatkan yang mencakup transportasi, rumah, dan benefit lain yang difasilitasi. 

Sementara itu, rata-rata gaji terendah yang bisa didapatkan pekerjaan ini berada di kisaran Rp 3.230.000 per bulan. Sedangkan gaji tertinggi yang didapatkan berkisar Rp 9.510.000 per bulan. Fresh graduate dengan pengalaman kerja antara 0-2 tahun mendapatkan pendapatan sekitar Rp 3.670.000 per bulan. Apabila pengalaman yang dimiliki sebanyak 2-5 tahun, gaji yang bisa diperoleh sudah melampaui UMR Jakarta yaitu sebesar Rp 4.930.000 per bulan.

Ternyata peran Sales Assistant tidaklah sama dengan SPG/SPB. Nah apakah kamu tertarik bekerja sebagai Sales Assistant? Segera kunjungi job portal pertama di Indonesia, Karir.com dan dapatkan informasi lowongan kerja Sales Assistant yang memberikan penawaran menarik.

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.