Profesi

Tertarik menjadi Sales Consultant? Kenali Tugas dan Keterampilannya!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sales Consultant adalah posisi strategis di perusahaan yang menghubungkan perusahaan dengan pelanggan. Posisi ini memiliki pemahaman yang kuat mengenai produk atau layanan perusahaan. Oleh karena itu, seorang Sales Consultant kerap diandalkan untuk memberikan rekomendasi mengenai kebutuhan pelanggan. 

Lantas, seperti apa peran dan tugas Sales Consultant? Apa saja spesifikasi keterampilan yang dibutuhkan? Mari ketahui lebih dalam mengenai profesi Sales Consultant melalui penjelasan berikut ini!

Tugas Sales Consultant

Sales Consultant adalah orang profesional di bidang penjualan yang bertanggung jawab untuk menciptakan promosi penjualan yang sangat baik, bertemu klien baru, dan membina hubungan baik dengan klien. Tugas yang dilakoni Sales Consultant bukan sekadar menjual produk/jasa namun untuk mempertahankan penjualan di masa mendatang.

Sales Consultant kerjanya apa? Mereka bertindak sebagai konsultan penjualan, berikut rincian tugas yang dilakukan Sales Consultant.

1. Membangun dan Memelihara Hubungan dengan Pelanggan

Sales Consultant menjangkau dan berkomunikasi dengan pelanggan potensial. Komunikasi biasanya dilakukan melalui telepon, email, atau bertemu secara langsung. Ini dilakukan untuk memfasilitasi penjualan dan memahami kebutuhan pelanggan.

2. Merekomendasikan Produk untuk Pelanggan

Sebagai konsultan, Sales Consultant akan memberi produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Penjelasan tentang produk dan manfaatnya sangat penting untuk dipahami para konsultan penjualan ini. Oleh karena itu, mereka harus mempertahankan pengetahuan tentang berbagai produk dan layanan perusahaan.

Read :  QA Engineer: Gaji, Lowongan dan Jenjang Karir

3. Meningkatkan Penjualan dalam Jangka Panjang

Untuk meningkatkan angka penjualan, Sales Consultant akan menemukan pelanggan potensial sebanyak-banyaknya melalui networking, riset industri, dan panggilan dingin (cold calling), termasuk membuat promosi penjualan yang menarik.

Gaji Sales Consultant

Menurut situs Indeed, Sales Consultant gaji rata-ratanya sebesar Rp 6,437,442 per bulan. Penghasilan tahunannya hampir mencapai Rp 91 juta. Situs gaji yang lain, Salary Explorer juga melaporkan perihal gaji Sales Consultant di Indonesia. Gaji bulanan rata-ratanya berkisar dari Rp 6.030.000 (terendah) hingga Rp 18.700.000 (tertinggi), dengan median gaji berkisar Rp 12.100.000 per bulan.

Persyaratan dan Keterampilan

1. Latar Belakang Pendidikan

Sales Consultant merupakan para lulusan yang berasal dari jurusan bisnis, pemasaran, komunikasi, psikologi, dan manajemen. Jurusan yang sesuai akan sangat membantu dalam perjalanan karir di bidang sales. 

2. Pengetahuan Wajib Sales

Sales Consultant umumnya memiliki pengalaman karir di bidang sales seperti Sales Representative atau kasir. Seseorang yang bekerja sebagai sales wajib memiliki pengetahuan tentang pelanggan, perusahaan, dan produk. Dengan memahami tiga hal ini, Sales Consultant dapat memaksimalkan potensi penjualannya.

3. Keterampilan Komunikasi

Berdasarkan situs Zippia.com, 21,6% calon Sales Consultant mencantumkan komunikasi sebagai skill dalam resume mereka. Keterampilan ini akan sangat berguna dalam pekerjaan Sales Consultant terutama saat berhubungan dengan pelanggan potensial untuk menjangkau prospek penjualan. Komunikasi sangat dibutuhkan terutama saat negosiasi dan presentasi.

4. Customer Oriented

Customer Oriented (berorientasi pada pelanggan) adalah strategi yang menempatkan customer sebagai fokus utama. Sales Consultant harus memberikan pengalaman yang memuaskan kepada pelanggan. Hal ini karena kepuasan customer adalah sumber profit atau revenue.

5. Riset dan Analisis

Sales Consultant salah satunya bertanggung jawab untuk menganalisis kebutuhan pelanggan dan pasar. Analisis yang cermat ini membantu pelanggan potensial memberikan solusi yang sesuai agar termotivasi membeli produk atau layanan perusahaan.

Read :  Tugas dan Peran Digital Marketing bagi Bisnis Digital

6. Interpersonal yang Luar Biasa

Sales Consultant banyak terhubung dengan orang lain, sehingga mereka harus memiliki keterampilan interpersonal yang luar biasa. Di pihak internal, mereka banyak bekerja sama dengan Sales Engineer untuk merencanakan kesepakatan strategis dan peluang penjualan. Sementara para pelanggan potensial menjadi pihak eksternal yang paling banyak menghabiskan waktu dengan mereka.

Ada banyak pekerjaan di bidang sales yang relevan dengan Sales Consultant. Setelah dari posisi Sales Consultant, posisi yang cocok dilamar kemudian di antaranya Sales Associate, Sales Representative, Customer Service Representative, Sales Manager, Account Manager, dan Sales Specialist

Tertarik meningkatkan karir Sales Consultant? Kunjungi Karir.com dan dapatkan berbagai informasi lowongan kerja yang dibutuhkan, termasuk lowongan kerja Sales Consultant. Dengan cara yang mudah, kamu bisa melamar pekerjaan baru di bidang sales.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.