Saat akan membeli mobil atau motor, biasanya kita akan pergi ke dealer terdekat. Di sana kamu akan bertemu dengan orang yang bekerja di toko mobil tsb, dan menjelaskan perihal berbagai pertanyaan yang anda tanyakan. Nah, orang yang bekerja seperti itu dikenal dengan sebutan Sales Counter.

Sederhananya Sales Counter adalah orang yang sales yang menjual produk di lokasi

Ingin tahu lebih lanjut tentang Sales Counter? Dalam artikel ini Karir.com telah merangkum perihal Sales Counter, mulai dari gajinya, pekerjaannya, hingga perbedaannya dengan Sales Executive. 

🎓Pengertian Sales Counter

Profesi Sales Counter serupa dengan Sales Executive atau Account Executive. Meski sama-sama berhubungan dengan penjualan, keduanya memiliki perbedaan dari sisi tugas. Tugas Sales Counter adalah melayani dan menjual produk di lokasi, sedangkan Sales Executive bertugas melakukan kerja sama strategis melalui metode canvassing.

Saat bekerja Sales Counter harus dapat menyebarkan energi positifnya dengan baik kepada pelanggan, sehingga pelanggan merasa nyaman dan tertarik membeli. Mereka juga dituntut memiliki profesionalitas dan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, serta menjaga nama baik perusahaan.

🤑 Gaji Sales Counter

Berapa gaji Sales Counter? Setiap perusahaan menawarkan gaji yang kompetitif untuk posisi Sales Counter. Gaji sales counter motor honda berkisar antara Rp 2.000.000 – Rp 5.000.000. Sedangkan di Yamaha berkisar 1,5 juta rupiah sampai 3 juta rupiah.

Gaji Sales Counter diatas baru gaji pokok saja. Biasanya gaji sales counter terdiri dari gaji pokok dan bonus dari hasil penjualan produk.

Read :  7 Sikap Tubuh Sukses Wawancara Kerja

Komisi tersebut bisa jadi lebih besar dari gaji pokok apabila ada pencapaian target. Makin baik kinerja yang dilakukan dalam mencapai target, makin besar pula nominal yang bisa dibawa pulang. Wowww kan…

🎯Lowongan Sales Counter

Sales Counter adalah pekerjaan yang menarik jika dilihat dari segi bonus. Apakah kamu merasa cocok bekerja sebagai Sales Counter? Jangan ragu melamar pekerjaan untuk posisi ini. Ada banyak lowongan Sales Counter yang bisa kamu temukan di Karir.com. Cek sekarang yuk sebelum ditutup!

💪Tugas Sales Counter  

Seorang yang menjadi Sales Counter memiliki empat tugas pokok sebagai berikut.

1. Menjual Produk

Sales Counter memiliki tugas menjual produk sesuai target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaannya. Tiap perusahaan memiliki tuntutan target penjualan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Sales Counter harus memiliki pengetahuan tentang informasi berbagai produk secara lengkap.

2. Mempromosikan Produk

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencapai target penjualan adalah dengan melakukan promosi produk. Strategi penjualan yang menarik bertujuan meningkatkan penjualan. Sebab promosi yang menarik terbukti berhasil menarik perhatian pelanggan.

3. Melayani Pelanggan

Sales Counter menjual produk kepada pelanggan, karenanya mereka harus bisa melayani pelanggan dengan baik. Layanan yang baik akan memberikan kenyamanan bagi pelanggan dan memberikan nilai positif bagi nama baik perusahaan.

4. Melaporkan Aktivitas Penjualan

Sales Counter menjaga counter termasuk berbagai produk yang ada. Mereka akan mencatat dan melaporkan semua aktivitas yang terjadi di counter seperti penjualan dan barang yang masih tersisa di konter. Laporan ini disampaikan dalam bentuk dokumen secara berkala. 

Kualifikasi yang Harus Dimiliki

Tugas utama Sales Counter adalah menjual produk yang ada di konter. Untuk bisa mencapai target penjualan, mereka harus memiliki berbagai kemampuan baik soft skills maupun hard skills untuk mendukung pekerjaannya.

Read :  Sales Executive Adalah Pekerjaan yang Esensial, Apa Menariknya?

1. Penampilan Diri (Grooming)

Penampilan diri (grooming) merupakan hal yang penting dalam bekerja, terutama bagi Sales Counter yang banyak berinteraksi dengan pelanggan. Sales Counter dituntut memiliki penampilan yang terjaga dan selalu rapi dari ujung kaki hingga ujung rambut. Penampilan diri yang bagus dipandang menghadirkan kesan positif di mata pelanggan. 

2. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Kemampuan berkomunikasi menjadi kemampuan yang wajib dimiliki Sales Counter. Pekerjaan Sales Counter menuntut mereka berhadapan dengan banyak pelanggan. Teknik komunikasi yang baik akan mendukung pekerjaan mereka terutama saat menawarkan produk, mempromosikan, dan melakukan transaksi penjualan dengan pelanggan. 

3. Teknik Closing Sales

Teknik closing sales merupakan metode yang digunakan oleh tenaga penjualan dalam melakukan kesepakatan transaksi atas penawaran sebuah produk. Dengan memahami teknik ini, Sales Counter mampu meningkatkan prospek penjualan.

Setelah membaca penjelasan tentang pekerjaan sales counter di atas, apa kamu tertarik bekerja menjadi sales counter? 😁

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.