Sales Engineer adalah pekerjaan di bisnis penjualan produk ilmiah dan teknis. Mereka melakukan tugas untuk merancang, dan mengembangkan produk/layanan sehingga meningkatkan hasil dan keuntungan bagi klien sesuai model bisnisnya.

Sales Engineer akan menegosiasikan penjualan produk atau layanan yang akan menguntungkan klien. Pekerjaan Sales Engineer dapat ditemukan di berbagai bidang produk seperti industri jasa, teknologi, dan manufaktur.

Sales Engineer dan Sales Executive memiliki kemiripan dari segi cara kerja dan job desknya. Perbedaannya Sales Engineer bukan hanya menjual produk tetapi juga membangun relasi sebagai mitra kerja klien. Itulah sebabnya Sales Engineer  membutuhkan pengetahuan teknis yang mendalam di bidang industri yang dijalani. Misalnya teknis mesin, teknik elektro, dan teknik sipil.

Deskripsi Pekerjaan Sales Engineer

Deskripsi pekerjaan Sales Engineer berkaitan dengan penjualan produk atau layanan dan teknologi yang kompleks. Sales Engineer memiliki pengetahuan yang mendalam tentang produk atau layanan, dan memahami bagaimana menghubungkannya supaya dipahami oleh klien dengan mudah.

Kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi Sales Engineer setidaknya memperoleh gelar sarjana teknik atau ekonomi. Selain gelar sarjana, pekerjaan ini membutuhkan pengetahuan, dan beberapa keahlian teknis maupun non-teknis. Keahlian tersebut antara lain, kemampuan riset dan analitis, penjualan, komunikasi, negosiasi, dan kerja sama yang baik.

Seluruh kualifikasi itu akan membantu pekerjaan Sales Engineer. Secara umum tugas dan tanggung jawab Sales Engineer dijabarkan sebagai berikut.

1. Mempresentasikan Produk Kepada klien

Sales Engineer akan mengatur pertemuan dengan klien. Mereka memiliki tugas mempresentasikan hal-hal yang berkaitan tentang produk/layanan kepada klien. Misalnya informasi produk, harga, manfaat produk, dan keunggulannya. Selain presentasi, mereka juga memberikan demonstrasi dan pelatihan teknis untuk membantu klien memahami produk.

Read :  Tanda-tanda Sudah Saatnya Anda Resign dan Pindah Kerja

2. Menyajikan Produk yang Memenuhi Kebutuhan klien

Sales Engineer mengidentifikasi kebutuhan peralatan dan persyaratan sistem sesuai kebutuhan klien. Sales Engineer kemudian merencanakan dan memodifikasi produk sesuai hasil komunikasi dengan klien yang dilakukan. Mereka juga menjadi pihak yang mengelola penagihan dan pembayaran produk padat. 

3. Menyelesaikan Masalah klien

Pekerjaan Sales Engineer berhubungan dengan klien yang ada. Oleh karena itu, mereka dituntut untuk memahami hal teknis yang berkaitan dengan produk/layanan. Mereka menjadi orang yang membantu klien memecahkan masalah terkait produk dengan peralatan yang terpasang.

4. Menghasilkan Prospek Penjualan

Setelah melakukan presentasi, Sales Engineer akan meminta feedback klien tentang produk yang ditawarkan. Mereka mesti memastikan klien senang untuk memenangkan persaingan, dan menghasilkan prospek baru. Apabila berhasil, selanjutnya mereka akan menegosiasikan kontrak, syarat, dan ketentuan.

5. Menulis Laporan dan Literatur Penjualan

Sales Engineer harus memastikan target penjualan terpenuhi. Kemudian mereka akan meninjau biaya dan kinerja penjualan sebagai acuan dalam menulis laporan dan literatur penjualan. Mereka juga bertugas mengamankan dan memastikan produk berhasil dikirim dengan aman pada klien.

Gaji Sales Engineer

Berapa gaji Sales Engineer? Sales Engineer memiliki gaji rata-rata hampir 6 juta rupiah. Menurut laman Salary Explorer, rata-rata gaji Sales Engineer per bulan adalah Rp 11.600.000. Rentang gaji terendah yang bisa didapatkan Sales Engineer Rp 5.470.000 per bulan. Adapun gaji tertinggi yang bisa dijangkau mencapai angka Rp 18.400.000 per bulan.

Gaji Sales Engineer dilihat dari segi pengalaman mengalami kenaikan yang signifikan. Misalnya pada tahun pengalaman antara 0-2 tahun, gaji yang bisa diperoleh berada di angka Rp 6.310.000 per bulan. Sementara Sales Engineer dengan pengalaman 2-5 tahun mendapat Rp 8.710.000 tiap bulannya. Rentang gaji tertinggi bisa didapatkan apabila telah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun. 

Read :  Ini Cara Menghindari Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Kualifikasi Sales Engineer dari segi keahlian non-teknis misalnya, kemampuan komunikasi yang baik, kolaborasi, dan problem solving. Seorang Sales Engineer juga harus mampu menerjemahkan bahasa teknis menjadi bahasa non-teknis yang dipahami pelanggan. 

Lowongan Kerja Sales Engineer

Pekerjaan ini cocok bagi kamu yang menyukai tantangan terutama di bidang penjualan. Apakah kamu tertarik menjalani karier sebagai Sales Engineer? Temukan peluang karier Sales Engineer terbaik di situs Karir.com. Ada banyak informasi lowongan kerja Sales Engineer yang bisa kamu lamar. Ayo cek daftarnya sekarang juga!

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.