Tips Karir

Sales Representative adalah Sumber Kesuksesan Bisnis, Inilah Tugasnya!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sales Representative adalah posisi penting dalam perusahaan yang mendorong kesuksesan bisnis. Mengapa disebut demikian? Sebab mereka menjalani peran untuk meningkatkan prospek penjualan. Seperti apa esensi peran Sales Representative, dan apa saja peran penting yang dilakukannya? Simak selengkapnya melalui artikel ini!

Tugas dan Tanggung Jawab

Sales Representative adalah pekerjaan di bidang sales yang bertanggung jawab untuk menjual produk/layanan kepada calon klien dan pelanggan. Tugas lain yang dilakukan Sales Representative adalah menyajikan presentasi, mendemonstrasikan, dan melakukan negosiasi dengan klien. Namun tugas utama Sales Representative adalah menghasilkan prospek penjualan. 

Peran pekerjaan Sales Representative sebagai berikut.

1. Menghasilkan Prospek Penjualan

Prospek penjualan menjadi tugas utama Sales Representative. Mereka harus mencari prospek penjualan baru, dan mengubahnya menjadi pengguna berbayar. Pekerjaan ini memberikan tuntutan target penjualan yang mesti dicapai.

2. Melakukan Negosiasi Kontrak dengan Klien

Sales Representative adalah orang yang menegosiasikan kontrak semua calon klien. Mereka juga yang menetapkan harga dan promosi produk atau layanan yang dijual.

3. Membuat Laporan

Pekerjaan Sales Representative salah satunya menyiapkan laporan mingguan dan bulanan. Laporan ini biasanya diserahkan ke tim manajemen. Selain itu, mereka juga mempresentasikan penjualan ke berbagai calon klien. 

4. Memahami Produk dan Layanan

Sales Representative adalah pihak yang mengkoordinasikan upaya penjualan kepada divisi pemasaran. Sebab itu, mereka harus memahami produk/layanan serta cara yang efektif untuk mempromosikannya. 

Read :  Ini Dia Karir Sesuai Zodiakmu

5. Memelihara Hubungan dengan Klien

Sales Representative akan berusaha memenuhi kebutuhan klien. Mereka akan mengunjungi klien untuk mengevaluasi kebutuhan klien terkait produk/layanan, atau mempromosikannya kepada klien. Apabila klien memiliki pertanyaan terkait persyaratan kredit, produk, harga, atau ketersediaan produk, klien dapat menemui Sales Representative.

Persyaratan dan Kualifikasi

Setelah memahami berbagai tugas dan tanggung jawab Sales Representative, lalu bagaimana cara untuk menjadi Sales Representative? Apa saja persyaratan dan kualifikasi skills yang dibutuhkan? 

1. Latar Belakang Pendidikan

Gelar pendidikan formal dibutuhkan untuk  bisa melamar posisi ini. Pada umumnya spesifikasi pendidikan yang diminta untuk posisi Sales Representative adalah latar belakang pendidikan ekonomi, bisnis, atau pemasaran. Meski begitu, posisi ini tidak menutup kemungkinan untuk mempekerjakan jurusan lainnya.

2. Pengalaman di Bidang Penjualan

Pengalaman penjualan (sales) menjadi syarat berikutnya. Sales Representative harus memahami proses dan dinamika penjualan. Pemahaman dan pengalaman yang dimiliki mendorong pada kemampuan untuk menemukan target yang potensial. Pengetahuan yang tak kalah penting dibutuhkan oleh Sales Representative adalah pengetahuan yang baik tentang pemasaran produk.

3. Kemampuan Komunikasi

Skills komunikasi tertulis dan lisan sangat penting dalam pekerjaan Sales Representative. Mereka harus memiliki kemampuan menulis yang baik, melakukan negosiasi, dan presentasi yang menarik. Bukan hanya, itu kemampuan komunikasi juga membantu mereka dalam memasarkan produk yang dijual.

4. Customer Oriented

Sales Representative harus berkomitmen memberikan layanan yang baik untuk klien dan pelanggan. Untuk bisa menghasilkan prospek yang besar, pelanggan harus menjadi fokus yang besar juga. Hal ini memberikan kepuasan yang maksimal bagi pelanggan.

5. Dapat Mengoperasikan Komputer

Skills yang wajib dimiliki Sales Representative adalah kemampuan mengoperasikan komputer. Pekerjaan Sales Representative berhubungan dengan komputer ketika menyelesaikan berbagai tugas. Oleh karena itu, mereka harus bisa menggunakan software microsoft seperti word, excel, dan outlook.

Read :  Bagaimana Cara Cek Gaji yang Benar?

Gaji Sales Representative

Setiap perusahaan menawarkan gaji pokok yang berbeda-beda untuk posisi ini. Namun serupa dengan pekerjaan di bidang penjualan lainnya seperti Sales Executive, besaran pendapatan Sales Representative ditentukan oleh persentase prospek penjualan yang dicapai. Kinerja tersebut biasanya dihitung sebagai bonus.

Berdasarkan situs Salary Explorer, gaji terendah yang bisa didapatkan dari pekerjaan ini berada di nominal Rp 3.880.000, sedangkan gaji tertinggi yang ditawarkan berkisar Rp 13.400.000 per bulannya. Masih menurut sumber yang sama, rata-rata gaji bulanan Sales Representative berjumlah Rp 8.440.000. 

Lowongan Sales Representative

Bagi kamu yang tertarik untuk menekuni profesi Sales Representative, kamu bisa melihat informasi lowongan kerja Sales Representative di Karir.com. Sebagai portal lowongan kerja pertama di Indonesia, Karir.com hanya menyediakan informasi loker yang valid. Ayo kunjungi Karir.com, dan segera lamar posisi terbaik yang kamu suka!

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.