Profesi

Mengenal Tugas SEO Specialist Beserta Gajinya yang Menjanjikan!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Berkarier sebagai SEO Specialist memerlukan keahlian khusus tentang SEO. Apa yang dimaksud dengan SEO? SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization. SEO adalah proses optimasi di situs web melalui konten dengan tujuan mencapai ranking teratas di halaman pertama mesin pencari.

Apa pentingnya SEO dalam dunia bisnis?

SEO memiliki manfaat yang penting bagi bisnis. Antara lain meningkatkan brand awareness dan kredibilitas bisnis, serta mendorong pertumbuhan traffic yang stabil dalam jangka panjang yang mudah dikonversi.

Dengan melakukan optimasi SEO, situs web berpeluang memperoleh traffic lebih tinggi sehingga mendatangkan calon pembeli produk/layanan ke situs web dengan sendirinya. Hal ini membuat pengunjung website lebih relevan dan spesifik dengan produk/layanan yang dijual.

Keberhasilan ini tidak lepas dari hasil kerja seorang SEO Specialist. Seperti apa tugas SEO Specialist?

Dalam artikel ini, Karir.com telah merangkum informasi seputar SEO Specialist yang penting diketahui.

Tugas dan Tanggung Jawab SEO Specialist

SEO Specialist berperan dalam pengelolaan semua aktivitas pemasaran dan pengoptimalan mesin pencari. Peran ini bertanggung jawab dalam semua aktivitas SEO seperti strategi konten, keyword, dan pembuatan link di seluruh jaringan pencarian. 

Tugas SEO Specialist meliputi:

1. Mengoptimasi Situs Web

Optimasi situs web dilakukan dengan dua cara yaitu On Page dan Off Page. SEO On Page terdiri dari Custom title dan meta description, Alt & title image, Keyword density, Internal Link, Tag Heading Optimization, dan Keyword Density. Sedangkan SEO Off Page terdiri atas Link building (content placement, guest post, pbn), Share to social media, dan Natural link building.

Read :  Ingin Jadi KOL Specialist? Ini Tugas dan Gajinya!

2. Riset Keyword dan Strategi Konten

Merencanakan konten yang relevan dengan bisnis bisa mendatangkan traffic dan penjualan. Dalam pembuatan konten, SEO Specialist harus meriset kata kunci (keyword) dengan keyword tool seperti Ubersuggest. Tujuannya agar konten yang dibuat dapat dengan mudah menjangkau pembaca sehingga menumbuhkan traffic dan manfaat yang berdampak bagi pertumbuhan bisnis.

3. Menjalankan Iklan Berbayar

SEO Specialist juga bertugas menjalankan kampanye berbayar atau Pay Per Click (PPC). PPC adalah iklan digital yang mengambil harga berdasarkan klik pada iklan tersebut. Iklan PPC bertujuan untuk mengarahkan pengguna potensial ke situs pengiklan agar melakukan pembelian produk/layanan. Iklan PPC termasuk jenis Search Engine Marketing (SEM).

4. Melakukan Analisis dan Membuat Laporan

Setelah semua aktivitas pemasaran dilakukan, SEO Specialist akan menganalisis keberhasilan dari optimasi yang dilakukan seperti jumlah traffic dan rasio konversi. Analisis juga berkenaan dengan budget yang dianggarkan untuk strategi digital marketing. Laporan yang dibuat sebagai bahan evaluasi untuk strategi selanjutnya.

Gaji SEO Specialist

Berapa gaji SEO Specialist? Serupa profesi lainnya, gaji SEO Specialist bergantung pada tingkat jenjang karirnya. Menurut Kompas.com, SEO Specialist memiliki jenjang karier yang dimulai dari tingkat junior. Kemudian berlanjut ke tahap SEO Eksekutif, sebelum akhirnya beralih menjadi SEO Manager. Jenjang karier manager dapat diperoleh setelah bekerja selama 2 hingga 3 tahun.

Berdasarkan riset dari Indeed, SEO Specialist di Indonesia rata-rata mendapat gaji sebesar Rp 6,543,367 per bulan. Apabila diakumulasikan, pendapatan SEO Specialist dalam setahun mencapai 92 juta rupiah. Sementara itu, menurut Payscale, rata-rata gaji SEO Specialist sebesar Rp 58,958,111 per tahun.

Situs Salary Explorer juga melaporkan perihal gaji SEO Specialist berdasarkan jenjang kariernya, SEO Manager mendapat bayaran paling rendah sebesar Rp 7.070.000 per bulan. Rentang gaji tertinggi yang bisa didapatkan dari posisi ini mencapai 23 juta rupiah per bulan. 

Read :  8 Prospek Kerja Bisnis Digital yang Menjanjikan

Adapun menurut sumber yang sama, gaji rata-rata yang didapat SEO Associate dalam sebulan berkisar Rp 10.300.000. Bayaran ini tentu saja lebih rendah dari SEO Manager. Rentang gaji SEO Associate berada di antara nominal Rp 5.250.000 hingga Rp 15.800.000 per bulan.

Lowongan SEO Specialist

Jika kamu konsisten menekuni profesi SEO Specialist, bukan tidak mungkin kamu diangkat menjadi Head of SEO. Profesi ini memiliki jenjang karier dan menawarkan gaji yang menjanjikan. Apakah kamu tertarik menjadi SEO Specialist? Jangan lupa lamar penawaran menarik lowongan kerja SEO Specialist di Karir.com.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.