Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang hard skill yang diperlukan di era digital. Setelah memahami pentingnya beberapa hard skill di era digital, kalian juga perlu mengetahui skill yang harus dimiliki

Ada beberapa soft skill yang perlu kalian persiapkan. Ketika kalian memiliki hard skill yang baik dan didukung dengan soft skill yang memadai, tentunya kalian memiliki kesempatan untuk sukses dalam berkarir. Berikut adalah beberapa soft skill yang penting di era digital saat ini!

Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Komunikasi adalah skill yang penting dalam dunia pekerjaan. Mampu berkomunikasi dengan baik memiliki pengertian yang cukup luas. Artinya, kalian harus mampu mengatur tata bahasa ketika sedang berbicara dengan rekan kerja, atasan hingga client. Contohnya berbicara dengan rekan kerja akan cenderung lebih santai dan tidak perlu menggunakan bahasa yang baku. Sedangkan berbicara dengan atasan atau client akan lebih serius dan menggunakan bahasa yang lebih baku. 

Selain itu, dalam dunia pekerjaan kalian akan sering menghadapi presentasi saat meeting. Ketika presentasi kalian harus berbicara di depan umum, oleh sebab itu skill komunikasi sangat diperlukan. Kalian harus mampu berbicara dengan lancar tanpa terbata – bata serta menentukan bahasa yang baku namun tetap mudah dipahami.

Mudah Beradaptasi

Era digital menyebabkan hampir semua pekerjaan menggunakan teknologi dan internet. Hal ini menyebabkan sebagai pekerja kalian harus mampu beradaptasi dengan mudah dan cepat. Contohnya ketika dulu kegiatan Marketing dilakukan dengan cara memasang iklan di media cetak atau membuat brosur, saat ini kegiatan Marketing dapat dilakukan di media sosial atau website. Perubahan kebiasaan inilah yang menyebabkan kalian harus mudah beradaptasi dan mengikuti perkembangan zaman. 

Read :  Mengapa berpenampilan menarik ketika wawancara kerja itu sangat penting

Memiliki Ide yang Kreatif

Media sosial menyediakan wadah bagi para perusahaan untuk dapat mempromosikan produknya secara cepat dan mudah. Maka dari itu, berbagai perusahaan berlomba – lomba untuk mencuri perhatian masyarakat. Untuk menjadi pembicaraan masyarakat perusahaan memerlukan ide – ide yang kreatif. Kebutuhan perusahaan akan karyawan yang memiliki ide yang kreatif menjadi lebih tinggi. 

Jika kalian memiliki cita – cita untuk bekerja sebagai Social Media Officer, Content Creator hingga Digital Marketing, kalian harus memiliki ide yang sangat kreatif. Selain itu, kalian juga dituntut untuk berpikir out of the box, sehingga kegiatan promosi atau penyampaian informasi perusahaan dapat menjadi berbeda dan menarik.

Mampu Berbahasa Asing

Era digital yang akan terus berkembang menyebabkan kemungkinan untuk saling bekerja sama dengan perusahaan asing terbuka lebar. Sehingga kemampuan untuk berbahasa asing menjadi lebih dibutuhkan. Terutama bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Bahkan, banyak perusahaan yang menjadikan mampu berbahasa Inggris dengan baik menjadi syarat utama ketika menerima karyawan baru. Jika kalian tertarik untuk bekerja di perusahaan asing mulailah mengembangkan kemampuan bahasa Inggris kalian baik secara lisan maupun tulisan.

Manajemen Waktu yang Baik

Setiap pekerjaan tentunya memiliki tugas yang berat dan banyak, sehingga sering kali tidak dapat mengatur waktu yang menyebabkan pekerjaan menjadi tidak sesuai deadline. Sehingga manajemen waktu menjadi hal yang sangat penting. Dalam bekerja kalian harus mengetahui pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu, agar tidak menjadi menumpuk. Memiliki manajemen waktu yang baik akan membuat kalian lebih disiplin dan memenuhi kebutuhan perusahaan.

Mampu Menyelesaikan Masalah 

Masalah tentunya akan selalu muncul dalam kehidupan, termasuk di dunia kerja. Perusahaan membutuhkan karyawan yang dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Contohnya ketika sedang ada masalah yang cukup penting, kalian harus tetap tenang dan mulai berfikir apa jalan keluar dari masalah tersebut. Selain itu, kalian jangan sampai salah mengambil keputusan. Sebuah masalah harus segera diselesaikan bukan menambahnya dengan masalah yang lain. 

Read :  Trik Untuk Menjawab “Mengapa Anda Resign Dari Perusahaan Sebelumnya?” Saat Wawancara Kerja

Mampu Berpikir dengan Kritis

Ketika menyelesaikan sebuah masalah, skill lain yang diperlukan adalah berpikir kritis. Berpikir kritis berarti proses berpikir dengan mempertimbangkan segala aspek secara realistis dan logis. Contohnya ketika sedang ada masalah dalam pekerjaan kalian harus berpikir secara kritis, artinya memikirkan berbagai aspek sebelum mengambil sebuah keputusan.

Setelah membaca hard skill dan soft skill yang harus dimiliki di era digital, kalian tentunya lebih mengetahui apa yang harus dipersiapkan untuk menyambut perkembangan teknologi di tahun – tahun yang akan datang. Apakah salah satu dari 7 skills di atas ada di dalam diri kalian? Jika ada, kalian dapat mengembangkan skill tersebut agar menjadi lebih baik!

Author

I really enjoy writing and want to share my happiness with you!