Profesi

Social Media Manager: Tugas dan Keterampilan yang Dibutuhkan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Social Media Manager adalah seorang profesional yang mengelola pemasaran dan periklan di media sosial perusahaan. Media sosial menjadi bidang yang terus berkembang. Jika kamu tertarik menduduki posisi Social Media Manager dan ingin mengetahui apa saja peran dan tanggung jawab yang dilakukannya, Kamu akan mendapatkan gambaran yang jelas dalam artikel ini.

Tugas Social Media Manager

Apa saja tugas Social Media Manager? Inilah serangkaian tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh Social Media Manager.

1. Membuat dan Menjalankan Strategi Media Sosial

Social Media Manager menjalankan dan mengembangkan strategi media sosial yang kreatif dan menarik. Mereka meluncurkan dan mengelola kampanye dan iklan di media sosial. Strategi yang dibuat harus selaras dengan tujuan perusahaan, yaitu mempromosikan merek perusahaan.

2. Mengawasi Konten di Berbagai Platform Media Sosial

Tugas Social Media Manager mengelola penanganan seluruh konten yang disalurkan di seluruh platform media sosial. Mereka ikut terlibat dalam perencanaan konten menarik yang berdampak pada visibilitas perusahaan. Dalam fungsi pengawasan, mereka memastikan tiap konten yang didistribusikan menjaga identitas merek, menumbuhkan kesadaran merek, dan mendukung kampanye media sosial.

3. Mengelola Anggaran untuk Media Sosial

Kampanye iklan di media sosial biasanya membutuhkan influencer untuk mempromosikannya. Seluruh anggaran yang digunakan untuk aktivitas media sosial, seperti kampanye, dikelola oleh Social Media Manager. 

Read :  Profesi Financial Advisor dari Tugas hingga Gajinya!

4. Menganalisis dan Melaporkan Kinerja Media Sosial

Social Media Manager melakukan riset tren saat ini dan preferensi audiens. Analisis ini bertujuan untuk mengukur aktivitas media sosial. Mereka juga menganalisis data untuk menentukan apakah strategi kampanye media sosial yang dijalankan telah mencapai tujuannya. Evaluasi kinerja media sosial itu selanjutnya dilaporkan secara berkala sebagai upaya pemasaran digital berikutnya.

5. Merekomendasikan Perbaikan untuk Meningkatkan Kinerja

Laporan kinerja media sosial yang dibuat Social Media Manager juga memuat rekomendasi perbaikan. Melalui serangkaian riset dan analisis mereka akan menemukan cara baru untuk meningkatkan kinerja media sosial, mendorong kesadaran merek dan keterlibatan pelanggan. Selain itu, mereka juga merekomendasikan proposal untuk pemasaran digital yang lebih optimal.

6. Memimpin Kolaborasi dengan Tim Lintas Divisi

Social Media Manager mendorong kolaborasi lintas divisi, di antaranya marketing, sales, dan customer service. Social Media Manager menjadi kunci yang membentuk hubungan dengan influencer dan komunitas online di media sosial. Secara teratur mereka akan berhubungan dengan klien melalui telepon, email, dan pertemuan langsung.

Keterampilan yang Dibutuhkan 

Social Media Manager berperan menetapkan strategi media sosial yang mendorong peningkatan brandawareness. Apa saja keterampilan yang dibutuhkan untuk mendukung peran Social Media Manager?

1. Komunikasi

Keterampilan komunikasi yang kuat dan interpersonal yang luar biasa sangat penting dalam peran ini. Social Media Manager banyak berinteraksi dengan tim lintas divisi, klien, influencer, dan audiens di komunitas online. 

2. Copywriting

Keterampilan copywriting membantu Social Media Manager mengembangkan tulisan yang menarik untuk iklan, maupun postingan media sosial. Dengan copywriting yang hebat, keterlibatan audiens pun meningkat.

3. Leadership Skill

Social Media Manager harus memiliki kualitas kepemimpinan untuk memimpin tim media sosialnya. Sebagai pemimpin, mereka akan melatih dan memotivasi timnya untuk meningkatkan kinerja.

Read :  Jenjang Karir Graphic Designer beserta Gajinya

4. Project Management

Social Media Manager mengelola berbagai proyek yang berhubungan dengan pemasaran digital di media sosial. Keterampilan manajemen proyek yang baik membantu kapasitas mereka untuk memprioritaskan dan bekerja di berbagai proyek.

5. Pemasaran Digital

Pengetahuan tentang pemasaran digital di media sosial, algoritma, dan optimasi mesin pencari harus dimiliki seorang Social Media Manager. Pengetahuan dan keterampilan menggunakan alat ini mendorong mereka pada penerapan strategi media sosial yang efektif.

6. Creative Thinking Skill

Social Media Manager terlibat dalam pengelolaan konten di seluruh platform media sosial. Keterampilan kreatif mendukung peranan mereka untuk memberikan ide-ide yang inovatif. 

Gaji Social Media Manager

Berapa gaji Social Media Manager? Berdasarkan riset Indeed, gaji rata-rata Social Media Manager di Indonesia berkisar Rp 7,010,174 per bulan. Rata-rata pendapatan tahunan yang didapat seorang Social Media Manager menurut Payscale sekitar Rp 68.790.146 per tahun. 

Social Media Manager yang andal dapat meyakinkan perusahaan bahwa brand perusahaan berada di tangan yang tepat. Ingin meningkatkan karir di bidang media sosial? Dapatkan beragam informasi lowongan kerja Social Media terpercaya di Karir.com.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.