Tips Karir

Ingin Sukses Kerja di Startup? Ini 5 Strateginya!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Membangun keberhasilan karir di startup tidaklah semudah yang dibayangkan. Hal ini salah satunya karena perusahaan rintisan atau startup masih dalam proses pengembangan untuk menemukan pasar yang tepat. Tantangan lainnya dari bekerja di startup adalah karyawan yang terlibat di bisnis startup terbilang sedikit. Inilah yang kerap menguatkan stereotip kerja di startup harus multitasking.

Sebetulnya apa itu startup? Lalu, bagaimana cara terbaik untuk meniti karir di perusahaan startup? Bagi kamu yang ingin sukses berkarir di startup, inilah beberapa strategi untuk meraih kesuksesan karir di perusahaan rintisan.

Apa Itu Startup

Mengutip buku Membangun Startup Entrepreneur yang Unggul, kata “startup” berasal dari bahasa Inggris yang bermakna “memulai sesuatu”. Steve Blank mendefinisikan startup sebagai organisasi yang dibentuk untuk mencari model bisnis yang repeatable dan scalable. Adapun menurut Paul Graham startup adalah perusahaan yang dirancang untuk tumbuh dengan cepat dan pertumbuhan itu sendiri menjadi satu-satunya hal esensial dalam bisnis startup.

Pada intinya bisnis startup sangat identik dengan teknologi dan internet. Secara umum bisnis startup adalah bisnis yang bergerak cepat dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Bisnis startup cenderung memberikan solusi atas suatu masalah dengan berfokus pada sentuhan teknologi dalam berbagai aspek bisnis. 

Strategi Meniti Karir di Startup

Untuk sukses di startup, kamu harus fokus pada hal-hal berikut ini.

1. Fleksibel dan Adaptif

Ritme kerja di startup terkenal cepat. Hal ini pada akhirnya menuntut kamu untuk bersikap fleksibel dan cepat beradaptasi. Fleksibilitas yang tinggi ini tidak hanya dalam menyikapi perubahan yang terjadi secara mendadak, namun juga terhadap jam kerja dan tanggung jawab pekerjaan.

Read :  Cara Membalas Email Undangan Interview Agar Terlihat Profesional

2. Miliki Mentor

Jangan jadikan orang-orang di lingkungan kerjamu sebagai lawan. Sebaliknya, kamu bisa menjadikan para senior, atasan, atau pendiri sebagai mentor. Memiliki mentor sangat dibutuhkan sebab mentor dapat membawa perubahan positif dalam perkembangan karir. Mentor akan membantu kamu menentukan tujuan karir dan cara mencapai tujuan itu.

3. Bersikap Proaktif

Di lingkungan startup kamu harus menjadi proaktif, bukan reaktif. Tunjukkan bahwa kamu selalu berpikir ke depan dan menemukan peluang untuk membantu memajukan bisnis. Tumbuhkan inisiatif dan ide-ide yang kreatif dan inovatif.

4. Tingkatkan Performa dan Kontribusi

Saat bekerja di startup penting untuk memaksimalkan performa dan kontribusi yang berdampak positif bagi pertumbuhan bisnis. Kultur kerja startup mengajak karyawannya untuk terus belajar mengembangkan keterampilan, meningkatkan performa, dan memaksimalkan kontribusi.

5. Membangun Networking

Salah satu keuntungan kerja di startup adalah mudahnya membangun relasi karena budaya startup kurang menekankan hierarki dalam kerja tim. Membangun networking yang luas merupakan kunci sukses berkarir di startup. Dengan luasnya networking, kamu bisa memiliki banyak peluang untuk mengembangkan karir di perusahaan yang lebih baik lagi. 

Bagaimana Cara Kerja di Startup

Tertarik bekerja di startup? Jika kamu sudah mantap ingin bekerja di perusahaan startup, kamu bisa memulainya bersama Karir.com. Berbagai tips kerja di startup termasuk lowongan kerja startup bisa kamu dapatkan di Karir Techno Fair.

Apa Itu Techno Fair? Karir Techno Fair adalah rangkaian acara lokakarya (workshop) dan bursa kerja yang ditujukan untuk pencari kerja dan dihadiri berbagai perusahaan. Acara ini diselenggarakan secara luring di 7 kota besar di Indonesia yaitu, Jakarta, Bandung, Semarang, Malang, Surabaya, Makassar dan Palembang.

Rangkaian acara Karir Techno Fair dimulai dengan lokakarya. Para pencari kerja akan mendapat bekal perihal persiapan karir dalam acara lokakarya tersebut. Pengetahuan teknis dan non-teknis yang diberikan seperti pelatihan membuat Curriculum Vitae (CV) dan melakukan wawancara kerja yang baik.

Read :  7 Kesalahan Delegasi Tugas yang Harus Dihindari

Selanjutnya, para pencari kerja dapat berinteraksi langsung dengan perusahaan incaran untuk mengetahui kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan secara lebih detail. Dalam acara bursa kerja ini, pencari kerja juga dapat mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang telah dipelajarinya. Mulai dari melamar kerja hingga wawancara kerja.

Menariknya, acara ini tidak dipungut biaya sepersen pun loh. Jadi, tunggu apalagi? Jangan lewatkan kesempatan berharga ini. Ayo daftarkan dirimu sekarang di sini!

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.