Tunjangan Hari Raya atau biasa dikenal dengan THR merupakan pendapatan yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap karyawan. Biasanya THR akan dibagikan oleh perusahaan di pekan ke-dua di dalam bulan Ramadan.

Ketika mendapatkan THR merupakan kesempatan karyawan untuk memenuhi semua kebutuhan menjelang hari raya. Banyak diantaranya akan memanfaatkan THR untuk membeli barang-barang yang sudah diimpikan seperti baju, celana, tas, sepatu, makanan dan lainnya.Tetapi apakah Anda tau jika dengan pola pemikiran seperti itu, THR akan habis dengan waktu singkat dan menjadi sangat boros?

Untuk mengakali hal seperti itu, berikut ada tips mengelola THR dengan bijak yang bisa Anda terapkan.

  • Tentukan prioritas
    Tentukan prioritas.jpg
    Hal utama yang harus dilakukan yaitu, prioritaskan dana THR untuk hal penting dalam menyambut hari raya. Jika Anda akan pulang kampung, gunakan THR untuk membeli pulang ke kampung halaman. Namun jika tidak pulang kampung, Anda bisa menggunakannya dengan memberikan beberapa untuk orang tua, adik maupun sanak saudara.
  • Ditabung
    Ditabung
    Pengeluaran Anda memang akan membesar dalam menyambut hari raya, namun tidak ada salahnya jika menyisihkan 10% – 20% uang dari THR yang didapat. Dengan begini pengeluaran Anda akan terkontrol dan kebutuhan dilain waktu juga akan terpenuhi dengan adanya tabungan ini.
  • Sedekahkan
    Sedekahkan
    Di bulan Ramadan yang suci dan penuh berkah ini tidak ada salahnya jika Anda mengalokasikan uang THR sekitar 2.5%  – 5% untuk bersedekah. Dengan bersedekah, uang THR Anda akan lebih bermanfaat dan bermakna untuk orang lain daripada dipergunakan untuk hal yang tidak berfaedah.
Read :  Ini Alasan yang Sering Digunakan Karyawan Mengundurkan Diri
Author