Tips Karir

Tanda HRD Tertarik Sama Interview Kamu

Pinterest LinkedIn Tumblr

Apakah kamu sedang memikirkan bagaimana tanda HRD tertarik sama interview kamu? Apakah interview berjalan dengan baik? Dan apakah kamu adalah kandidat yang dicari HRD? Pertanyaan-pertanyaan itu biasa muncul sehabis interview

Kamu sebagai kandidat akan gelisah merenungkan setiap detail interview dan mencoba membaca hasilnya. Kandidat mungkin menyesali jawaban yang tidak mampu mengatasi kelemahan, atau tidak seperti yang diharapkan setelah interview berakhir. 

Jangan cemas. Sangat wajar merasa gugup saat interviewInterview memang merupakan salah satu momen yang mencemaskan. Hasil survei tahun 2020 oleh perusahaan swasta di Amerika, JDP, 93% calon pekerja pernah mengalami kecemasan terkait wawancara mereka.

Namun ini bukan saatnya menyesali apa yang sudah terjadi. Sekarang saatnya memprediksi apakah interview kamu cukup membuat HRD tertarik. Meski tidak dapat mengakurasi secara sempurna, setidaknya inilah 7 tanda HRD tertarik sama interview kamu. 

  • Durasi Interview Berlangsung Lebih Lama

Waktu bagi HRD sangatlah berharga. Ketika mengadakan interview, para HRD telah menentukan estimasi durasi interview tiap kandidat. Namun bagi kandidat yang menarik perhatian, mereka tidak segan menghabiskan waktu lebih lama lagi untuk interview. Mereka akan menggali lebih dalam tentang diri dan potensi kandidat. Tentu saja ini adalah tanda yang sangat jelas bahwa HRD tertarik. Jika tidak menginginkan kandidat, untuk apa HRD menghabiskan waktu lebih lama dari durasi yang ditentukan.

  • Interview Lebih Santai

Sesi interview seringkali terkesan kaku dan menegangkan. Interview pada umumnya akan diisi dengan sesi tanya jawab yang formal. Namun interview yang menarik akan berubah menjadi percakapan santai dan bersahabat. Percakapan yang terkesan santai menandakan HRD menikmati interview tersebut.

Meski interview berjalan santai, namun HRD tetap fokus dan menjaga kontak mata dengan kandidat. Mereka juga akan mengajukan pertanyaan lanjutan dari perkataan kandidat. Senyum, tawa, dan respons hangat lainnya tidak segan mereka keluarkan untuk merespons positif ucapan kamu.

  • Menjawab Pertanyaan Spesifik
Read :  Medical Check Up Saat Tes Kerja, Harus Siapkan Apa Saja Sih?

Interview yang berjalan menarik membuat HRD menyempatkan waktu bagi kandidat untuk bertanya. HRD dengan senang hati akan menjawab pertanyaan secara spesifik. Mereka ingin mendengar lebih banyak lagi dari kandidat, sebab mereka terkesan. Jangan ragu untuk bertanya kepada HRD. Ini akan menunjukkan antusiasme kamu terhadap kesempatan itu. 

  • Menawarkan Pekerjaan Itu Kepadamu

Isyarat verbal seorang HRD akan berusaha untuk tidak menaikkan harapan kandidat. Jika HRD tertarik menjadikan kamu sebagai calon kandidat terpilih, mereka akan ‘menjual’ pekerjaan itu kepadamu. HRD akan mengajakmu membayangkan kamu dalam posisi yang dilamar. 

Kemudian pembicaraan akan berlanjut tentang bagaimana peran,  dan tanggung jawab pekerjaan yang perlu dilakukan. HRD secara tidak langsung telah menawarkan dirimu pekerjaan yang mereka pikir cocok dengan kamu. Setelah interview berakhir, kamu akan merasa sangat bersemangat.

  • Memperkenalkan Calon Rekan Kerja Lainnya

Selain memperkenalkan pekerjaan yang dilamar lebih detail, HRD yang tertarik tidak akan ragu memperkenalkan kamu kepada rekan kerja lainnya. Kamu mungkin akan diperkenalkan dengan atasan, atau teman satu divisi. Apabila kamu terkesan dengan rekan kerja yang diperkenalkan, ini akan semakin menambah kecocokanmu. 

  • Memulai Pembicaraan tentang Gaji

Tanda terakhir bahwa HRD menyukai kamu sebagai kandidat adalah mereka akan memulai pembicaraan tentang gaji. Pertanyaan yang diajukan akan dimulai dengan “Berapa ekspektasi gaji yang kamu inginkan?”. Selain ekspektasi gaji, HRD juga akan memberitahu kamu tentang benefit yang didapatkan jika kamu bekerja di perusahaan.

  • Memberi Tahu Tahap Berikutnya

Jika mereka memberi tahu kamu tentang tahap berikutnya maka ini makin memberi tanda bahwa mereka tertarik denganmu. Mereka bisa saja berkata, “Kami akan menghubungi kembali dua minggu dari sekarang”. Ini berarti HRD sebagai perekrut ingin memperkerjakan kamu.

Read :  Pertanyaan Interview Kerja Yang Paling Sering Ditanyakan Perusahaan

Jangan pernah kehilangan antusiasme untuk mengetahui lanjutan proses seleksi. Sebelum interview berakhir mereka akan memberi feedback positif yang mengonfirmasi kesempatan itu. Mereka akan datang kembali dengan tawaran pekerjaan itu, jika kamu benar-benar adalah kandidat yang pas.

Itulah 7 tanda HRD tertarik sama interview kamu. Kami ucapkan selamat jika kamu menemukan banyak tanda positif itu dari interview terakhirmu. Jika tidak, jangan berkecil hati. Interview tersebut bisa menjadi evaluasi untuk interview selanjutnya. 

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

0 0 votes
Article Rating
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] yang tidak boleh dilakukan saat wawancara? 5 Hal berikut adalah yang tidak disukai recruiter saat interview dan bisa sangat mempengaruhi hasil proses penyaringan kandidat. Tahap wawancara adalah tahap di […]