Profesi

Technical Engineer: 6 Tugas Utama Beserta Gajinya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Apa yang dimaksud dengan technical engineer? Hampir semua perusahaan besar memiliki departemen IT yang berfungsi memberikan dukungan teknis. Technical engineer menyediakan layanan pemecahan masalah dan dukungan teknis untuk berbagai tim internal maupun klien.

Technical Engineer dapat bekerja di sejumlah bidang, mulai dari listrik, teknologi komputer, hingga teknik mesin. Di pasar di mana layanan dukungan teknis digerakkan secara internal, semakin penting bagi bisnis untuk menemukan technical engineer yang membantu tim IT berkembang. 

Technical Engineer memiliki berbagai tanggung jawab yang membutuhkan keahlian yang beragam. Tugas yang diperlukan bervariasi tetapi biasanya merupakan gabungan dari dukungan teknis dan pemeliharaan sistem IT secara keseluruhan. 

Tugas dan Tanggung Jawab

1. Memantau Proses dan Mengembangkan Rencana Peningkatan Efisiensi

Technical engineer memberikan dukungan teknis selama proses perencanaan konsep, desain, pengembangan, instalasi, pemeliharaan, hingga pemecahan masalah. Sepanjang proses monitoring, mereka memantau setiap proses yang dilakukan, dan mengembangkan rencana strategis untuk meningkatkan efisiensi. Menggunakan berbagai alat pemantauan mereka proaktif mengidentifikasi masalah sebelum masalah itu terjadi. 

2. Mengidentifikasi Potensi Masalah dan Menemukan Solusi

Insinyur teknis berfungsi mengidentifikasi potensi masalah yang akan terjadi dan memberitahu pemangku kepentingan terkait mengenai hal itu. Mereka biasanya memiliki antrian masalah yang sedang mereka selesaikan. Pemecahan masalah adalah proses logis untuk menemukan sumber masalah terlebih dahulu, untuk menyelesaikan masalah. Langkah berikutnya, mereka mendiagnosis masalah, misalnya penyiapan akun dan konfigurasi jaringan.

Read :  Sales Counter Adalah Pekerjaan di Bidang Sales, Apa Saja Tugasnya?

3. Melakukan Studi Kelayakan dan Kontrol Kualitas 

Insinyur teknis memiliki wewenang untuk menentukan apakah proyek yang diusulkan layak atau masih memerlukan pengembangan lebih lanjut. Untuk memastikan hal itu, mereka melakukan studi kelayakan dan senantiasa mengontrol kualitas pada semua project. Mereka menulis laporan dan memberi rekomendasi untuk perbaikan yang diperlukan.

4. Menyiapkan Laporan yang Akurat dan Tepat Waktu

Tugas insinyur teknis menyiapkan laporan yang akurat dan tepat waktu. Laporan tersebut berisi informasi mengenai kinerja produk yang berasal dari hasil analisis data dari berbagai sumber. Di samping itu, mereka juga melakukan penelitian yang diperlukan untuk menghasilkan praktik terbaik.

5. Mengembangkan Rencana Pengujian dan Proposal Desain

Mengembangkan rencana pengujian adalah bagian dari tugas insinyur teknis. Pada yang waktu yang ditetapkan, mereka akan melakukan pengujian product. Tujuannya untuk memastikan bahwa produk telah memenuhi standar kinerja industri. Selain itu, mereka juga membantu dalam pengembangan proposal desain yang mematuhi standar keselamatan dan ergonomi kinerja industri.

6. Memberikan Umpan Balik kepada Pelanggan

Selain berhubungan dengan tim internal, technical engineer juga menangani berbagai kasus yang dilaporkan pelanggan seperti malfungsi perangkat lunak. Setiap masalah akan dicatat dengan baik untuk mengeskalasi masalah yang belum terselesaikan. Umpan balik apapun yang disampaikan sebisa mungkin diselesaikan secara cepat dan akurat. Hal ini untuk menjaga hubungan yang baik dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan.

Gaji Technical Engineer

Berapa gaji seorang engineer? Mengutip situs Indeed, gaji rata-rata untuk technical engineer adalah Rp 5.229.415 per bulan di Indonesia. Jakarta menjadi kota dengan gaji technical engineer tertinggi, yaitu sebesar Rp Rp 5.214.661 per bulan.

Bagaimana dengan gaji di bidang engineering lainnya? Salary Explorer melaporkan gaji rata-rata engineering di Indonesia biasanya sekitar Rp 10.200.000 per bulan. Gaji berkisar dari Rp3.250.000 (rata-rata terendah) hingga Rp21.700.000 (rata-rata tertinggi, gaji maksimum sebenarnya lebih tinggi).

Read :  Apa Itu Web Developer? Ini 5 Tugas dan Nominal Gajinya

Lihat daftar gaji pekerjaan di bidang engineering lainnya di bawah ini. Jika kamu membutuhkan lowongan kerja technical engineer kunjungi situs Karir.com. Daftar akun karir kamu di sini, dan dapatkan rekomendasi pekerjaan terbaik berdasarkan profil karirmu.

Judul PekerjaanRata-rata Gaji (per bulan)
Assistant Chief EngineerRp 12,600,000
Associate EngineerRp 10,100,000
Civil EngineerRp 11,700,000
Engineering Planning ManagerRp 15,300,000
Engineering Project DirectorRp 22,300,000
Mechanical EngineerRp 12,300,000
Product EngineerRp 12,100,000 
Project EngineerRp 12,300,000
Quality Assurance EngineerRp 11,500,000
Staff EngineerRp 11,300,000
Technical Support EngineerRp 9,730,000
Sumber: Salary Explorer

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.