Profesi

Mengenal Telemarketing, Pekerjaan Sejuta Umat

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pekerjaan telemarketing populer beberapa tahun ini. Telemarketing adalah pekerjaan yang banyak dibuka perusahaan karena kebutuhannya meningkat seiring dengan maraknya pemasaran online. Apa itu telemarketing? Apa saja pekerjaan yang dilakukan dan mengapa telemarketing disebut pekerjaan sejuta umat?

Apa Itu Telemarketing dan Contohnya?

Telemarketing adalah strategi pemasaran langsung (direct marketing) barang atau jasa kepada pelanggan potensial melalui internet, telepon, atau faks. Praktik telemarketing ditandai dengan memeriksa, mendekati, dan menghubungi pelanggan potensial. Terdapat empat jenis telemarketing yang umum termasuk, yaitu  panggilan keluar, panggilan masuk, pembuatan prospek, dan panggilan penjualan.

Telemarketing banyak digunakan oleh bisnis nirlaba, kelompok dan kandidat politik, survei, permintaan sumbangan, atau riset pemasaran. Strategi pemasaran jarak jauh ini melibatkan satu panggilan untuk menilai minat atau kesesuaian, yang kemudian berlanjut menjadi panggilan untuk mengejar penjualan. Basis data calon pelanggan yang besar dipersempit untuk menjadi daftar prospek pelanggan dengan probabilitas tinggi.

Apa contoh telemarketing? Pasti kamu pernah menerima panggilan telepon dari seseorang yang tidak dikenal yang berusaha menjual produk atau layanan kepada kamu. Saat itu kamu sedang berbicara dengan telemarketer. Para telemarketer menghubungi pelanggan potensial untuk menjual sesuatu dengan persuasif.

Mengapa Telemarketing Jadi Pekerjaan Sejuta Umat?

Pekerjaan telemarketing memiliki persyaratan yang mudah yang bisa disanggupi oleh orang banyak. Dari sisi latar belakang pendidikan, lowongan kerja telemarketing menerima semua jurusan bahkan lulusan SMA/SMK hingga sarjana. Kemudian, spesifikasi yang disyaratkan juga termasuk mudah. Biasanya hanya dibutuhkan keahlian komunikasi dan kemampuan menggunakan komputer basic.

Apakah pekerjaan telemarketing semudah kelihatannya? Belum tentu. Telemarketing bukanlah pekerjaan yang cocok bagi semua orang. Orang-orang yang bekerja sebagai telemarketer harus bisa menelepon terus menerus tanpa kehilangan antusiasme. Apa saja tugas telemarketing?

Read :  Tugas dan Peran Digital Marketing bagi Bisnis Digital

Tugas Telemarketing

Kerja telemarketing seperti apa? Umumnya telemarketing memiliki tugas sebagai berikut:

1. Memahami Informasi Produk yang Dijual

Telemarketing adalah orang yang paham dengan produk/jasa yang dijual sehingga siap menghadapi setiap pertanyaan yang diajukan pelanggan. Mereka harus bisa memberikan informasi apa pun yang diminta pelanggan. Misalnya, fungsi dari produk/jasa bagi pelanggan sehingga tertarik membeli.

2. Menghubungi Pelanggan Potensial

Tugas utama telemarketing adalah menghubungi pelanggan potensial untuk mendapatkan prospek pembelian. Komunikasi tersebut mayoritas melalui panggilan telepon untuk menawarkan produk/jasa dengan memberikan informasi sejelasnya agar penerima telepon tertarik membeli.

3. Mengumpulkan Feedback dari Pelanggan

Telemarketing mengumpulkan semua umpan balik yang berhubungan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Tujuannya untuk mengantisipasi setiap masalah yang terjadi sebelum atau sesudah penjualan.

Keterampilan yang Harus Dimiliki Telemarketing

Ada berapa banyak keterampilan yang harus dimiliki telemarketing?

1. Keterampilan Komunikasi yang Sangat Baik

Pekerjaan telemarketing adalah pekerjaan yang bergantung pada keterampilan komunikasi sepanjang hari. Bukan hanya komunikasi verbal, keterampilan komunikasi tertulis juga sangat penting. Sebagian tindak lanjut dari panggilan telepon membawa mereka ke email.

2. Nada Profesional

Komunikasi verbal maupun tertulis harus dilakukan dengan nada profesional. Mereka dituntut memiliki kosakata yang profesional dan luas sehingga dapat memilih kata dan frasa yang ideal saat berbicara dengan pelanggan.

3. Kemampuan untuk Tetap Tenang di Bawah Tekanan

Seorang telemarketing memiliki tuntutan target. Di bawah tekanan pekerjaan yang ada, telemarketing yang handal dapat tetap tenang dan mampu menyelesaikan tugas secara profesional.

Gaji Telemarketing

Berapa sih gaji telemarketing? Berdasarkan situs Indeed.com, rata-rata gaji telemarketer sebesar Rp 5,731,291 per bulan. Sementara menurut Salary Explorer, profesi Telemarketer di Indonesia memiliki penghasilan sekitar Rp 6.330.000 per bulan. Dengan rincian gaji terendah berkisar Rp 3.100.000, dan gaji tertinggi berkisar Rp 9.880.000 per bulan.

Read :  🖥️ Pelajari Peran dan Tugas Full Stack Developer

Apakah telemarketing memiliki gaji pokok? Telemarketing adalah pekerjaan yang dibayar per jam, berdasarkan penjualan, atau kombinasi keduanya. Komisi seringkali merupakan komponen kunci dari gaji karena memberi insentif kepada staf untuk melakukan penjualan. Pekerjaan menjadi semakin prestisius dengan menghasilkan banyak penjualan bagi perusahaan.

Ingin bekerja sebagai telemarketing? Kunjungi laman Karir.com dan dapatkan beragam jenis pekerjaan telemarketing. Kami bukan hanya menyediakan lowongan kerja telemarketing, tetapi juga pekerjaan di berbagai bidang lainnya. 

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

0 0 votes
Article Rating
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments