Tips Karir

Profesi Engineer: Tilik Job Deskripsi dan Gaji

Pinterest LinkedIn Tumblr

Engineer adalah seorang profesional yang menerapkan prinsip sains, matematika, dan pengetahuan praktis untuk merancang, membangun, dan memelihara struktur, mesin, dan sistem. Profesi engineer dapat bekerja di berbagai bidang, termasuk teknik listrik, mekanik, kimia, sipil, dan lingkungan, antara lain.

Teknik adalah bidang luas yang mencakup banyak spesialisasi dan subbidang yang berbeda. Insinyur menggunakan pengetahuan dan keterampilan mereka untuk memecahkan masalah, menciptakan teknologi baru, dan meningkatkan sistem dan struktur yang ada.

Mereka mungkin mengerjakan proyek yang berkaitan dengan desain, konstruksi, dan pemeliharaan gedung, jalan, jembatan, dan infrastruktur lainnya; pengembangan produk atau teknologi baru; peningkatan proses manufaktur; atau desain dan pengoperasian sistem yang kompleks seperti pembangkit listrik, sistem transportasi, dan jaringan komunikasi. Insinyur sering bekerja sebagai bagian dari tim, berkolaborasi dengan profesional lain seperti arsitek, desainer, dan teknisi untuk menyelesaikan proyek.

Mereka juga dapat bekerja sama dengan klien untuk memahami kebutuhan mereka dan mengembangkan solusi yang memenuhi kebutuhan mereka. Engineer adalah profesional yang sangat terlatih yang diharapkan untuk mematuhi standar etika dan mempertahankan pengetahuan dan keterampilan mereka melalui pendidikan berkelanjutan dan pengembangan profesional.

Gaji Profesi Engineer

Biasanya gaji besar didapatkan oleh profesi engineer, mulai Rp.7.000.000 – 10.000.000, 12.000.000 untuk mechanical engineering dan mulai Rp. 16.000.000 untuk drilling engineer.  Sedangkan level junior staff bisa mendapatkan mulai dari Rp. 10.000.000. Tentunya belum termasuk bonus dan tunjangan yang akan diterima.

Job Description Engineer

Tugas pekerjaan profesi engineer dapat sangat bervariasi tergantung pada spesialisasi mereka dan proyek atau organisasi spesifik tempat mereka bekerja. Namun, ada beberapa tanggung jawab umum yang umum untuk banyak pekerjaan teknik, termasuk:

  1. Merancang dan merencanakan proyek: Engineer mungkin bertanggung jawab untuk membuat desain dan rencana terperinci untuk struktur, sistem, atau produk. Ini mungkin melibatkan penggunaan perangkat lunak desain berbantuan komputer (CAD) dan alat lain untuk membuat model dan gambar terperinci.
  2. Melakukan penelitian dan pengembangan: Engineer dapat terlibat dalam upaya penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan teknologi yang ada atau mengembangkan yang baru. Ini mungkin melibatkan pengujian dan evaluasi prototipe, menganalisis data, dan mengembangkan solusi untuk masalah.
  3. Mengelola proyek: Engineer mungkin bertanggung jawab untuk mengelola proyek dari awal hingga selesai, termasuk menetapkan anggaran, jadwal, dan sasaran; berkoordinasi dengan anggota tim dan kontraktor; dan memastikan bahwa proyek selesai tepat waktu dan sesuai anggaran.
  4. Memastikan keselamatan dan kepatuhan: Engineer harus memastikan bahwa desain dan proyek mereka memenuhi semua standar keselamatan dan peraturan yang relevan. Mereka mungkin bertanggung jawab untuk melakukan penilaian keselamatan dan menerapkan langkah-langkah keselamatan.
  5. Memberikan dukungan teknis: Engineer dapat dipanggil untuk memberikan dukungan dan saran teknis kepada klien, kolega, dan pemangku kepentingan lainnya. Ini mungkin melibatkan menjawab pertanyaan, memberikan pelatihan, dan memecahkan masalah.
  6. Mempertahankan dan memperbarui pengetahuan dan keterampilan mereka: Engineer diharapkan untuk mempertahankan pengetahuan dan keterampilan mereka melalui pendidikan berkelanjutan dan pengembangan profesional. Ini mungkin melibatkan mengambil kursus atau pelatihan tambahan, berpartisipasi dalam organisasi profesional, atau mengikuti kemajuan di bidangnya.
Read :  5+ Pilihan Investasi Untuk Pemula dan Karyawan

Tertarik berprofesi menjadi seorang engineer? Siapkan diri kamu lebih baik dan lamar pekerjaannya di Karir.com!

Political science graduate with expertise in content writing and SEO; an aspiring digital/content marketer striving to create and share meaningful works.