Tips Karir

Tips Interview: Cara Menjawab Kekurangan Dan Kelebihan Saat Wawancara Kerja.

Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyaknya pengangguran yang diakibatkan Covid-19, semakin meningkatkan persaingan bagi pelamar kerja. Perusahaan pasti lebih memilih calon karyawan yang sangat kompeten dan berpengalaman di tengah krisis yang sedang melanda. Banyak berbagai cara yang dilakukan oleh pelamar kerja untuk menawarkan kualitas dirinya kepada perusahaan. Selain Curriculum Vitae (CV) yang perlu ditingkatkan, tentunya paling penting pelamar perlu untuk mempersiapkan diri ke tahap selanjutnya yaitu wawancara kerja. Kita akan share tips interview yang bisa kamu pakai ketika akan melamar kerja.

Melalui wawancaralah penentu paling utama tentang apakah pelamar diterima atau tidak di perusahaan. Maka dari itu, perlulah pelamar kerja memahami tips interview yang benar. Di era mudahnya akses internet, tentunya tips interview dapat dengan mudah didapatkan dari berbagai platform.  

Saat pelamar kerja telah lolos screening CV, tahap selanjutnya yaitu panggilan untuk melakukan interview. Saat melakukan wawancara kerja, cukup banyak pertanyaan-pertanyaan yang dianggap menjebak bagi pelamar kerja, salah satunya yaitu pertanyaan tentang kekurangan dan kelebihan diri kamu. Tak perlu pusing dan khawatir, berikut di bawah ini tips-tips interview agar kamu lancar dan benar saat menjawab pertanyaan tersebut :

KEKURANGAN

1. Menjawab lebih kepada persoalan teknis jangan personal

Contoh ketika menjawab kekurangan jangan menjawab tentang bagaimana kamu emosian, baperan dan lain sebagainya. Jawablah dengan bagaimana kamu menghadapi sesuatu hal. Contoh : “Kekurangan saya adalah tidak dapat multitasking, terkadang susah untuk take an action first dan lain sebagainya. Jawabnya lebih kepada apakah ada hubungannya dengan melakukan pekerjaan”.

 2. Menyampaikan Solusi Terhadap Kekurangan yang Kamu Miliki

Saat menjelaskan pertanyaan jangan hanya menjelaskan kekuranganmu saja. Melainkan harus diikuti dengan solusi tentang bagaimana kamu mengatasi kekuranganmu sendiri. Contoh : “Kekurangan saya, tidak dapat multitasking maka dari itu saya selalu mengerjakan secara sistematis. Mulai mengerjakan pekerjaan yang paling mudah atau mengerjakan dengan deadline terdekat terlebih dahulu”.

Read :  Sales Executive Adalah Pekerjaan yang Esensial, Apa Menariknya?

 3. Jangan Terlalu Banyak Menjelaskan Kekurangan

Saat menjawab terkait kekurangan atau kelebihanmu, jangan menjawab terlalu banyak. Karena apapun yang berlebihan itu tidak baik. Maka dari itu, pilihlah kekurangan yang menurutmu paling dominan saja atau yang paling kamu banget. Tapi ingat jangan yang mengarah ke emosional.

 4. Percaya Diri

Tentunya jangan lupa percaya diri. Saat menjawab atau menjelaskan terkait kelemahanmu jangan dengan gestur tubuh yang loyo, muka menyedihkan atau lain sebagainya. Jawab dengan postur tubuh santai namun sopan dan tak lupa dengan ekspresi ramah, kalau perlu dengan gerakan tangan agar interviewer tertarik untuk tetap melihatmu. Tapi ya jangan berlebihan juga gestur tubuhnya, sewajarnya saja.

KELEBIHAN

1. Berkaitan dengan Bidang Pekerjaan yang Dipilih

Saat menjawab kelebihan yang kamu miliki, akan lebih baik jawaban pertama ada kaitannya dengan bidang pekerjaan yang  dilamar. Contoh ketika kamu melamar di bidang komunikasi, kamu lebih baik menjawab kelebihan yang berkaitan dengan itu. Begitupula lainnya. Setelah itu, kamu bisa menjawab kelebihanmu diluar bidang pekerjaan yang kamu lamar. Biasanya itu bisa menjadi poin tambahan jika kamu itu mampu multi fungsi.

 2. Jangan Dilebih-lebihkan

Jawab jujur jangan dilebih-lebihkan karena biar tidak terkesan sombong dan omong kosong. Ketika kamu memiliki kelebihan tertentu imbagi dengan penjelasan bukti, sehingga tidak terkesan dibuat-buat. Contoh : Kelebihan mampu desain, jawab dengan pengalaman desainmu dan hasilnya bagaimana. Bukan hanya menjelaskan “Saya mampu desain, desain saya sangat bagus” eh tapi tidak ada buktinya. Jadi tips interview ini perlu diperhatikan buat pelamar kerja. Jangan sampai malah bikin interviewernya males dengerin kamu.

 3. Tunjukan Bukti

Agar lebih menarik perhatian si pewawancara, tunjukkanlah bukti akan kelebihanmu. Jika kelebihanmu mengarah pada target/hasil, tujukan persentasenya seberapa banyak atau seberapa kecil. Kalau bukan terkait target, kamu bisa menunjukan bukti berupa platform apa yang mengarahkan hasil kerjamu yang menunjukan bahwa itu kelebihan dari diri kamu.

Read :  Puasa Sebentar Lagi, Simak 7 Tips Ini Agar Tetap Fit & Bersemangat!

Itulah beberapa tips interview saat menjawab pertanyaan kekurangan dan kelebihan. Tidak perlu lagi bingung saat menjelaskan pertanyaan yang cukup menjebak ini. Percaya pada diri kamu dan tingkatkan public speaking mu agar wawancara kamu lancar. Soo… selamat mencoba.