Tips Karir

Fresh Graduate? Berikut Tips Melamar Pekerjaan Bagi Fresh Graduate

Pinterest LinkedIn Tumblr

Memulai sesuatu yang baru adalah kesulitan bagi semua orang, termasuk bagi seorang fresh graduate yang akan memulai mencari pekerjaan. Kurangnya pengalaman menyebabkan fresh graduate memiliki banyak pertanyaan bagaimana cara melamar pekerjaan. Bagi fresh graduate cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah adalah sebuah impian, namun ada beberapa hal yang perlu kalian persiapkan!

  1. Mencari Tahu Potensi Diri

Tidak sedikit fresh graduate yang masih belum memahami potensi diri yang mereka miliki. Meskipun telah duduk di bangku perkuliahan selama 4 tahun, banyak fresh graduate yang masih bingung apa bidang pekerjaan yang mereka sukai atau kuasai. Untuk melamar pekerjaan, kalian perlu mengetahui apa potensi, pengetahuan, dan kemampuan yang bisa kalian tawarkan kepada perusahaan. Selain itu, kalian harus mengetahui posisi – posisi pekerjaan apa saja yang sesuai dengan kemampuan yang kalian miliki. Jangan sampai kalian melamar pekerjaan pada bidang yang sama sekali tidak kalian ketahui.

  1. Membuat CV yang Spesifik

Sebagai fresh graduate hal pertama yang perlu kalian persiapkan adalah CV, karena CV merupakan sesuatu yang penting dalam proses melamar pekerjaan. CV adalah sebuah dokumen yang berisi identitas diri, riwayat pendidikan, pengalaman serta kemampuan. Kalian harus mulai mencari tahu bagaimana bentuk CV sekiranya disukai oleh para HRD perusahaan.

CV yang baik tidak memerlukan penjelasan yang terlalu panjang. Kalian dapat menuliskannya secara singkat namun jelas. Gunakan bahasa yang baku namun tetap dapat mudah dipahami. Sehingga CV yang kalian miliki singkat namun spesifik menggambarkan diri kalian. Banyak fresh graduate yang menggunakan 1 CV untuk semua perusahaan. Hal ini harus kalian hindari. Karena, setiap posisi atau perusahaan yang kalian lamar memiliki persyaratan yang berbeda – beda. Maka dari itu, kalian perlu menyesuaikan CV kalian dengan persyaratan tersebut. 

  1. Networking

Networking atau relasi adalah sesuatu hal dapat membantu kalian untuk mendapatkan pekerjaan. Kalian dapat bertanya kepada saudara, kerabat, atau teman kalian yang sedang bekerja, apakah di tempat mereka bekerja ada lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuanmu. Dengan bantuan networking, kalian tentu tidak akan canggung untuk bertanya lebih jauh mengenai lowongan pekerjaan tersebut. 

Read :  Ini Alasan Tak Perlu Takut Merantau

Pertanyaan yang dapat kalian tanyakan seperti apa persyaratannya, bagaimana budaya perusahaannya serta jenjang karir untuk berkembang. Bagi fresh graduate jangan ragu untuk menghubungi orang – orang disekitar kalian, karena siapa tahu kalian mendapatkan pekerjaan melalui networking yang kalian miliki. 

  1. Menggunakan Alamat Email yang Baik

Mungkin kalian berfikir alamat email adalah hal yang sepele, namun alamat email berpengaruh terhadap penilaian HRD kepada kalian. Jika kalian masih menggunakan alamat email yang asal – asalan dan tidak menggunakan nama asli, mulailah perbaiki alamat email tersebut. Gunakan nama lengkap kalian sebagai alamat email untuk melamar pekerjaan, hal ini akan lebih terlihat profesional dan menunjukkan keseriusanmu. 

  1. Menulis Pengalaman dengan Lengkap

Seperti yang sudah dijelaskan, pengalaman dan skills adalah bagian yang harus tertera dalam CV kalian. Sehingga kalian perlu menulis pengalaman secara lengkap dan jelas. Sebagai fresh graduate mungkin kalian belum memiliki banyak pengalaman. Namun, kalian dapat menulis pengalaman organisasi ketika kuliah. Jika kalian sudah memiliki pengalaman magang, silahkan tampilkan pada CV. Jangan lupa jelaskan secara singkat apa tugas dan tanggung jawab yang kalian kerjakan selama berada dalam organisasi atau ketika magang. 

Tetapi, jika kalian tidak memiliki pengalaman organisasi atau magang kalian dapat menuliskan pengalaman academic project. Seperti kalian pernah membuat suatu tugas kuliah yang relevan dengan posisi yang akan kalian lamar. Tulislah pengalaman tersebut dan jelaskan bagaimana proses dan hasil dari academic project tersebut.

  1. Menulis Skills dengan Spesifik

Selain pengalaman kalian perlu menuliskan skills yang kalian miliki secara singkat dan lengkap. Skills terbagi menjadi 2 yaitu hard skill dan soft skill. Hard skill adalah suatu kemampuan yang lebih spesifik seperti mampu mengoperasikan Microsoft Office. Sementara soft skill adalah kemampuan pribadi yang dimiliki seseorang seperti mampu berkomunikasi dengan baik. Kalian dapat menuliskan skills yang kalian dimiliki dengan menyesuaikan apa yang dibutuhkan perusahaan. 

  1. Memanfaatkan Job Portal
Read :  Tips Menulis Surat Resign yang Efektif

Saat ini sudah tersedia banyak job portal yang dapat kalian gunakan untuk melamar pekerjaan. Job portal menyediakan banyak lowongan pekerjaan serta persyaratan yang dibutuhkan perusahaan. Untuk menggunakan job portal kalian harus membuat sebuah akun dan melampirkan CV kalian, dengan begitu kalian dengan mudah dapat langsung melamar pekerjaan yang kalian inginkan. Salah satu job portal yang dapat membantu kalian mendapatkan pekerjaan adalah Karir.com, yuk buka websitenya dan dapatkan ribuan lowongan pekerjaan!
Bagi kalian para fresh graduate mulailah melamar pekerjaan di banyak perusahaan dengan lowongan yang sesuai kemampuan kalian. Jangan lupa mempersiapkan diri serta CV yang kalian miliki. Semoga setelah membaca beberapa tips di atas dapat membantu kalian mendapatkan pekerjaan!

I really enjoy writing and want to share my happiness with you!

0 0 votes
Article Rating
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] atau User dapat menilai seberapa pantaskah kalian untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Bagi kalian fresh graduate yang belum memiliki pengalaman interview, simak beberapa hal di bawah ini yang perlu kalian […]

trackback

[…] orang yang berpikir bagaimana cara membuat portofolio dan juga banyak yang mengira portofolio dan CV adalah hal yang sama, padahal keduanya memiliki fungsi yang […]