Pelamar kerja pasti tak asing lagi dengan istilah Curriculum Vitae atau CV. Iya.. di setiap lowongan kerja yang kamu lamar pasti selalu membutuhkan CV, entah itu lowongan profesi sales, profesi IT dan lain sebagainya.

Maka dari itu, kamu perlu mempromosikan diri sebaik mungkin dari seberapa bagus kualitas CV yang kamu kirim ke suatu perusahaan. Dalam memulai karir memang harus berani show off yang terbaik, tentunya agar perusahaan tertarik memilihmu. Tips membuat CV ini akan sangat bermanfaat untuk kamu.

Tips membuat CV paling utama yaitu isi dan desain harus seimbang jangan ada yang berlebihan.

Susah ?

Tentu tidak, karena sekarang tak perlu khawatir lagi untuk membuat CV yang bagus, di zaman apapun serba canggih  kamu bisa membuat Curriculum Vitae sendiri. Cukup banyak pilihan tools gratis yang memudahkanmu berkreasi.

Jadi, tak perlu nih, kamu mengeluarkan ongkos hanya untuk membayar jasa pembuatan CV.  Jadi tanpa berlama-lama berikut di bawah ini empat tools gratis yang bagus untuk kamu coba :

Tools Membuat CV

1.      Canva

Pasti generasi milenial ke atas tak asing lagi dengan tools Canva. Dulu yang hanya bisa digunakan untuk membuat poster, banner, sekarang sudah dapat digunakan untuk kebutuhan lain-lain salah satunya untuk membuat Curriculum Vitae. Berikut ini tips membuat CV menggunakan Canva :

1.  Buka website Canva

2.  Pilih “Dapatkan Canva Gratis”

3.  Setelah dipilih kemudian login dengan akun email atau media sosial kamu

4.  Ketika ada pertanyaan “Apa tujuan Anda Menggunakan Canva” kalian pilih sesuai dengan kebutuhan. Jika kebutuhan untuk “pribadi” maka diklik yang “pribadi”.

Read :  Masalah Kesehatan Ini Sering Dialami Oleh Pekerja

5.  Ketika sudah muncul tampilan di beranda kemudian pilih bagian “Resume”. Setelah itu, kamu bisa mulai buat CV sesuai kreasimu sendiri. Mudahkan..!

2.      Kickresume.com

Tools gratis kedua untuk membantu perbaiki CV kamu adalah Kickresume. Kickresume tentunya juga menyediakan layanan gratis untuk pembuatan Curriculum Vitae. Tools Kickresume ini sangat mudah digunakan, karena tidak perlu secara manual mengisi identitas diri kamu. Menggunakan tools Kickresume, kamu hanya perlu login dengan menggunakan akun email atau akun media sosial. Setelah login, pilih fitur gratis, kemudian langsung deh kamu dapat menggunakan tools Kickresume ini. Mudah kok, gak perlu belibet.

3.      Cakeresume.com

Tools gratis ketiga adalah Cakeresume.com. Tools ini lagi-lagi sangat mudah untuk digunakan bagi para calon karyawan. Kalian tinggal buka Cakeresume.com maka akan muncul tampilan dashboard awal. Berikut ini tips membuat CV menggunakan tools Cakeresume.com agar pengguna tidak bingung menggunakannya :

1.  Buka website Cakeresume

2.  Setelah muncul tampilan awal klik “Buat CV Gratis”

3.  Seperti biasanya untuk login gunakan akun email atau media sosialmu

4.  Setelah login kemudian tinggal pilih desain yang kalian sukai

5.  Mulailah mendesain CV sesuai kreasi yang kalian inginkan

4.      Novoresume

Novoresume merupakan tools gratis yang juga sangat recomended buat kamu coba. Tools ini tidak perlu memakan waktu lama saat digunakan. Setelah mengisi tiap-tiap poin di template yang disediakan, kalian juga dapat mengatur desain sesuai dengan seleramu. Mulai dari jenis font, theme, layout dan lain sebagainya. Berikut tips membuat CV menggunakan Novoresume:

1.  Buka webite “Novoresume.com”

2.  Daftarkan diri atau bisa login dengan akun emailmu

Read :  Kiat Sukses COO SiCepat

3.  Ketika muncul “What is your experience level?” pilih sesuai dengan kebutuhan. Terdapat lima pilihan Students, Graduate, Intermediate, Senior dan Freelance.

4.  Setelah memilih dari lima opsi tersebut, maka kamu dapat deh mulai membuat CV.

Berikut di atas empat pilihan tools gratis untuk membantu memperbaiki Curriculum Vitae.

Empat tools tersebut bukan hanya gratis dalam hal pengeditan tetapi paling utama juga gratis untuk mengunduh file hasil CV buatanmu. Jadi, kalian tak perlu khawatir tertipu untuk menggunakan referensi tools di atas. Tinggal pilih saja mana yang nyaman atau cocok untuk kalian coba.

Adanya tools gratis yang dapat diakses dengan mudah, kamu tak perlu khawatir tentang bagaimana membuat CV yang baik.

Sembari menggunakan editing tools jangan lupa diimbangi dengan pemahaman tentang bagaimana membuat CV yang baik dan benar.

Banyak tips membuat CV yang dapat kamu akses dengan mudah kok, so jangan ragu untuk mencoba!.

Author