Site icon Blog Karir.com

Relasi: Pengertian dan Tips Menjalin Relasi yang Baik!

Relasi

Relasi

Karir.com – Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan sebuah pernyataan yaitu seseorang akan mudah mendapatkan pekerjaan dengan bantuan orang dalam. Hal tersebut benar adanya, relasi dan koneksi yang kuat dapat membantu seseorang untuk meraih kesuksesan. John Maxwell menyatakan “Semua keberhasilan hidup berasal dari memulai hubungan dengan orang yang tepat dan kemudian memperkuat hubungan-hubungan itu dengan menggunakan keterampilan yang baik dalam berhubungan.”

Maka dari itu, kalian harus memperluas pertemanan dan menjalin hubungan baik dengan orang – orang di sekitar seperti teman, klein, rekan kerja, atau rekan bisnis . Berikut adalah beberapa tips yang dapat kalian terapkan dalam menjalin sebuah relasi yang baik.

Mempertahankan relasi yang sudah ada

Terkadang seseorang terlalu fokus untuk mencari relasi yang baru dan melupakan relasi yang sudah ada. Dengan adanya media sosial dapat memudahkan kalian untuk menanyakan kabar kepada seseorang yang sudah lama tidak bertemu. Mungkin kalian merasa canggung karena sudah lama tidak berbicara dengan orang tersebut, namun singkirkanlah rasa canggung itu.

Mulailah topik pembicaraan seperti apa kesibukannya saat ini, apa hobby yang sedang dilakukan, dan bagaimana kondisi keluarganya. Kalian tidak boleh melupakan teman atau kerabat lama, karena mungkin saja kalian mendapatkan pekerjaan dan kesempatan baru melalui orang tersebut.

Percaya diri

Ketika memasuki sebuah lingkungan baru, seperti sekolah baru, tempat kerja baru, dan rumah baru tentunya ada perasaan takut untuk menyapa duluan. Takut mendapatkan respon yang tidak baik. Oleh sebab itu kalian harus memiliki kepercayaan diri. Seperti, tidak malu untuk membuka sebuah obrolan dan menatap mata lawan bicara.

Namun, harus kalian ingat sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Jangan sampai kalian terlalu percaya diri dan membuat orang disekitar kalian tidak nyaman. Tetaplah menjadi diri kalian sendiri serta percaya diri sesuai dengan porsinya. 

Selalu bersikap jujur

Dasar dalam menjalin sebuah relasi adalah kepercayaan, oleh sebab itu kejujuran menjadi hal yang sangat penting. Jangan nodai relasi kalian dengan sebuah kebohongan, karena jika hal itu terjadi orang tersebut bisa tidak mempercayai kalian lagi. Hal ini akan berakibat fatal, jangan sampai kalian tidak memiliki relasi hanya karena tidak jujur. 

Memberikan perhatian 

Setiap orang tentunya suka diberi perhatian, maka dari itu kalian harus menunjukan bentuk perhatian tersebut. Misalnya rekan kerja atau teman kalian sedang berulang tahun, jangan lupa untuk memberikan ucapan dan harapan kepadanya. Contoh lainnya ketika mereka sedang sakit, tanyakan keadaannya dan berikan ucapan cepat sembuh. Hal – hal tersebut walaupun sederhana, namun dapat menjadi sesuatu yang berarti bagi orang di sekitar kalian. 

Jangan ragu memberikan pujian

Siapa yang tidak suka dengan pujian, seperti ketika kalian baru datang di kantor dan menyapa rekan kerja kalian. Kalian dapat memberikan pujian atas baju yang mereka pakai. Hal ini akan membuat rekan kerja kalian senang. Berikan pujian yang tulus namun, jangan berlebihan.

Selalu Berusaha Mendengarkan Orang Lain

Ketika seseorang sedang bercerita hal yang diinginkan adalah didengarkan. Maka hal tersebut harus kalian lakukan, contohnya rekan kerja kalian sedang mengalami kesulitan dalam pekerjaannya dan bercerita kepada kalian. Tunjukanlah sikap peduli seperti menatap matanya dan memberikan semangat kepadanya. Dengan begitu, rekan kerja kalian akan merasa dihargai. 

Saling membantu

Jika orang – orang di sekitar kalian sedang mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan, cobalah kalian bantu sesuai dengan kemampuan kalian. Contohnya rekan kerja kalian memiliki rumah yang searah dengan kalian dan ia tidak membawa kendaraan ke kantor, sementara kalian membawa sepeda motor. Jangan ragu untuk menawarkan bantuan, hal itu sangat membantu rekan kerja kalian dan memudahkannya sampai di rumah. Dengan bantuan tersebut, kalian dipandang sebagai orang yang tidak pelit dalam memberi bantuan. 

Itulah 7 tips menjalin sebuah relasi, walaupun terlihat sederhana hal – hal tersebut dapat membantu kalian mendapatkan citra yang positif. Sehingga kalian dapat semakin memperluas relasi dan membantu kalian untuk mendapatkan sebuah kesuksesan. Mulai sekarang jangan ragu untuk menerapkan 7 tips tersebut!