Profesi

Tugas dan Tools yang Digunakan Social Media Specialist

Pinterest LinkedIn Tumblr

Social Media Specialist memiliki peran strategis untuk menumbuhkan bisnis perusahaan di dunia digital. Beberapa tahun ini, Social Media Specialist menjadi pekerjaan yang diminati kawula muda. Apa saja tugas utama yang dilakukan oleh Social Media Specialist? Artikel ini membahas mengenai tugas beserta berbagai tools yang dapat membantu pekerjaan Social Media Specialist.

Tugas Social Media Specialist

Social Media Specialist kerjanya apa? Pada dasarnya Social Media Specialist bertugas untuk merencanakan dan melaksanakan strategi media sosial. Mereka juga bertanggung jawab untuk membuat dan menerbitkan konten ke berbagai platform, serta berinteraksi dengan komunitas dan audiens mereka.

Tanggung jawab tugas yang dilakukan Social Media Specialist bergantung pada konfigurasi tim marketing secara keseluruhan. Umumnya Social Media Specialist memiliki tanggung jawab pekerjaan sebagai berikut:

1. Mempublikasikan Konten di Media Sosial

Merencanakan dan mempublikasikan konten (gambar atau video) untuk membangun hubungan yang bermakna dengan audiens, meningkatkan brand awareness, dan mendorong audiens terlibat dengan merek.

2. Memantau dan Menganalisis Metrik Sosial

Social Media Specialist melaporkan perkembangan media sosial. Oleh karena itu, mereka akan memantau keterlibatan pelanggan secara berkala. Mereka juga menganalisis data/metrik sosial, wawasan, dan praktik terbaik media sosial yang sesuai untuk mengukur keberhasilan setiap kampanye media sosial, lalu gunakan informasi tersebut untuk menyempurnakan kampanye mendatang

3. Mengembangkan Kampanye Media Sosial

Berkolaborasi dengan tim penjualan dan pemasaran untuk mengembangkan kampanye media sosial. Untuk memastikan konten informatif dan menarik, mereka juga bekerja dengan copywriter dan desain grafis.

Read :  Mengenal Jenjang Karir General Affair dan Gajinya

Tools untuk Social Media Specialist

Social Media Specialist menggunakan alat khusus yang memberi kemudahan dalam pekerjaan mereka. Tools apa saja yang wajib dikuasai seorang Social Media Specialist?

1. Tools Analisis Tren

Tools analisis tren digunakan Social Media Specialist untuk mencari ide konten. Tujuannya untuk meningkatkan visibilitas konten sosial perusahaan. Tools berikut dapat membantu mereka menghasilkan konten yang trending.

Answer The Public

Answer The Public membantu Social Media Specialist menemukan niches, keyword, konten dan ide bisnis. Tools ini akan memberi wawasan mengenai topik potensial yang bisa dipilih untuk mendapatkan banyak keterlibatan audiens.

Ubersuggest

Tools ini dikembangkan oleh Neil Patel. Ubbersuggest digunakan untuk mengulik tentang keyword, search volume, cost per click, paid difficulty, dan search difficulity. Penggunanya juga dapat mengakses fitur analisis SEO dan mengecek backlink dan audit situs.

Buzzsumo

Buzzsumo adalah tools yang diandalkan oleh pemasar konten untuk mendapatkan wawasan tentang keyword, headline, topics, dan social engagements. Tools ini membantu penggunanya untuk membaca tren, menganalisis konten dan kompetitor, mengidentifikasi influencer berpengaruh, dan melakukan monitoring performa konten.

2. Tools Analitik Social Media Specialist

Tools analitik media sosial memberi manfaat untuk memantau performa media sosial berdasarkan metrik sosial seperti jumlah suka, follow, atau yang lainnya. Media sosial seperti Instagram, memiliki alat analitiknya sendiri, yaitu Instagram Insight. Tiga rekomendasi tools lain yang dapat digunakan sebagai berikut.

Sprout Social

Sprout social dapat mengidentifikasi posting teratas, lacak jumlah suka, komentar, dan keterlibatan, serta menemukan influencer yang terlibat. Menariknya, Sprout Social menyediakan laporan perbandingan statistik pertumbuhan dan keterlibatan pengikut Instagram di beberapa merek.

Hootsuite


Hootsuite bukan hanya sebagai alat analitik Instagram, tetapi juga Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Alat ini menunjukkan jumlah keterlibatan, jangkauan, komentar, reaksi, pengikut, suka, tampilan posting, dan inbox sentiment dalam rentang waktu yang ditentukan. Informasi dapat digunakan untuk memperkuat kampanye media sosial.

Read :  7 Pertanyaan Interview Marketing yang Harus Disiapkan

Socialbakers

Socialbakers adalah alat yang digunakan untuk mempelajari tentang pengikut, menumbuhkan audiens, dan menjadwalkan postingan sesuai waktu yang diinginkan. Dashboard Socialbakers menampilkan informasi tentang pengikut, postingan, dan cerita Instagram sehingga para Social Media Specialist dapat mengetahui apa yang disukai audiensnya.

Lowongan Social Media Specialist

Demikianlah informasi mengenai tugas dan tools yang digunakan Social Media Specialist. Social Media Specialist memiliki gaji rata-rata sebesar Rp 5,051,597 per bulan. Apakah kamu tertarik untuk menjadi Social Media Specialist? Temukan lowongan kerja Social Media Specialist dan tingkatkan karirmu bersama Karir.com!

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.