Gaji Penerjemah Bahasa Mandarin rata rata dalah Rp 7.535.608 per month di Indonesia. Pelajari selengkapnya tentang gaji, dan tugas dan lowongannya nya di Indonesia di Karir.com

Memiliki kemampuan translator bahasa mandarin akan sangat menguntungkan untuk karier di Tahun ini. Khususnya kemampuan berbahasa Mandarin, sebagai bahasa dengan jumlah penutur kedua terbanyak di dunia. Menurut DataBoks, pada tahun 2021 terdapat 1,12 penutur bahasa Mandarin di dunia.

Penguasaan terhadap bahasa Mandarin menjadi pengaruh besar dalam perkembangan karier, khususnya di bidang bisnis. Ada banyak investor asing dari China maupun Taiwan yang tertarik menjalin kerja sama dengan perusahaan di Indonesia. Jumlah ini meningkat dari tahun ke tahun sehingga membuka peluang karier yang besar di bidang bahasa Mandarin seperti Translator Bahasa Mandarin.

Tidak mengherankan banyak perusahaan menetapkan skills bahasa Mandarin sebagai syarat bergabung dengan perusahaannya untuk mendukung kelancaran komunikasi bisnis.

šŸ¤‘ Kisaran Gaji Translator Mandarin

Data di laman Indeed menyebutkan, rata-rata gaji untuk Translator Bahasa Mandarin adalah Rp 7.588.744 per bulan di Indonesia. Translator Bahasa Mandarin termasuk salah satu profesi dengan gaji yang tinggi.

Gaji tersebut melebihi rata-rata gaji penerjemah bahasa Inggris, yang berada di angka 5 juta. Tentu saja, penetapan gaji ini berdasarkan pada keterampilan, pengalaman, dan jumlah Translator Bahasa Mandarin yang masih terbilang sedikit. 

Kemudian Apa saja spesifikasi dan persyaratan yang biasa diajukan untuk melamar sebagai Translator Bahasa Mandarin?

Read :  Mengenal Tugas SEO Specialist Beserta Gajinya yang Menjanjikan!

šŸ“š Spesifikasi dan Persyaratan Melamar

Selain harus menguasai bahasa Mandarin, ada beberapa spesifikasi dan persyaratan lain yang mesti dipenuhi untuk bisa menjadi translator bahasa Mandarin yang profesional.

1. Latar Belakang Pendidikan

Translator Bahasa Mandarin umumnya memiliki latar belakang pendidikan akademik di bidang Bahasa, baik sastra maupun linguistik. Sebab Translator Bahasa Mandarin dituntut memahami teori kebahasaan, tata bahasa, dan bagaimana menemukan konteks dalam bahasa yang diterjemahkan secara tepat dan mudah dipahami.  Kebanyakan perusahaan mengisyarakatkan minimal adalah Diploma (D3)

2. Memiliki Bukti Legalitas

Untuk menjadi Translator Bahasa Mandarin profesional, memerlukan sertifikasi dari NAATI. Sertifikasi itu ditetapkan dari Knowledge, Skill, dan Ability (KSA), serta delapan kompetensi lainnya. Penilaian kompetensi tersebut dilakukan melalui empat jenis yaitu, ujian sertifikasi kompetensi oleh BNSP, ujian kualifikasi penerjemah (tersumpah), ujian kompetensi penerjemah (HPI), dan ujian kemahiran penerjemahan. 

3. Menguasai Translator’s Tool

Dalam melakukan pekerjaannya, seorang Translator Bahasa Mandarin pun memiliki perangkat yang membantunya. Tools tersebut digunakan untuk membantunya dalam menentukan makna kata yang paling pas dengan kata yang diterjemahkan. 

4. Keterampilan Menulis yang Mumpuni

Translator Bahasa Mandarin tidak hanya melakukan tugas penerjemahan lisan dalam bentuk audio, tetapi juga tulisan. Sehingga Translator Bahasa Mandarin tidak hanya membutuhkan kecakapan komunikasi, namun juga kecakapan dalam menulis. Keterampilan editorial, proofreading, dan mengolah kata menjadi hard skills yang tak kalah penting. 

5. Keinginan Belajar yang Tinggi

Translator Bahasa Mandarin biasanya menekuni satu bidang penerjemahan. Misalnya, penerjemahan bidang bisnis. Dengan senang belajar untuk menambah kosakata, mereka dapat mengasah kemampuan bahasanya di bidang lain. Semakin banyak pengalaman, makin baik juga penerjemahannya.

6. Kerja Sama Tim

Dalam melakukan tugasnya, seorang Translator Bahasa Mandarin menyertakan tim yang bekerja sama. Tim berfokus membantu pada tenggat waktu dan pencapaian. Oleh karena itu, mereka harus memiliki skills kerja sama tim yang baik. 

Read :  Ingin Jadi KOL Specialist? Ini Tugas dan Gajinya!

šŸ’Ŗ Tugas dan Tanggung Jawab Translator Mandarin

Translator berbeda dengan Interpreter. Perbedaannya terletak dari objek tugas yang dilakukan. Translator hanya menerjemahkan tulisan/ teks dalam suatu dokumen. Sedangkan Interpreter menerjemahkan bahasa melalui lisan dan secara langsung. 

Dapat disimpulkan bahwa Translator atau penerjemah merupakan profesi yang bekerja untuk menerjemahkan teks, audio, atau video ke dalam bahasa lainnya. Mereka dapat bekerja secara fleksibel (freelance) atau menetap di kantor tertentu. 

Translator Bahasa Mandarin bertugas dan bertanggungjawab untuk menerjemahkan teks secara akurat. Mereka harus memahami konteks penggunaan unsur bahasa yang diterjemahkan. 

Kemudian mereka akan memeriksa hasil terjemahan, sekaligus melakukan penyuntingan agar terjemahan dapat mudah dipahami. Jika diperlukan, mereka akan berdiskusi dengan pihak lainnya untuk memastikan keselarasan antara bahasa yang diterjemahkan dan hasil penerjemahan. 

Nah, itulah ulasan mengenai Translator Bahasa Mandarin.

Mempelajari bahasa asing, khususnya bahasa Mandarin adalah aset keterampilan yang berharga. Keterampilan berbahasa ini membuka banyak peluang karier yang ternyata sangat menggiurkan.

Lowongan Translator Penerjemah Mandarin

Yuk semangat belajar bahasa Mandarin dan temukan loker terjemahan mandarin di karir.com ! 

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.