Tips Karir

10 Pergerakan Karier Terbaik Wanita Sebelum di Usia 30-an

Pinterest LinkedIn Tumblr

Di usia 30-an, para wanita karir mencapai titik kritis dalam kariernya. Pada masa 30-an menjadi usia yang sulit dalam hal karier. Sebagai wanita karir mungkin sedang mendambakan tantangan atau peluang baru untuk kemajuan. Ini adalah saat yang tepat untuk memastikan jalur terbaik menuju kesuksesan. Berikut 10 pergerakan karier yang perlu dilakukan wanita di usia 30-an.

Apa Itu Wanita Karir?

Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan wanita karier sebagai wanita yang berkecimpung dalam kegiatan profesi (usaha, perkantoran, dan sebagainya). Dalam buku Gender dan Wanita Karir, wanita karir adalah wanita yang menekuni pekerjaan (profesi) yang menghasilkan uang dan memungkinkannya untuk berkembang, baik jabatan, peran, maupun kepribadiannya. 

Pada intinya wanita karir adalah wanita yang melakukan serangkaian kegiatan pekerjaan di bidang yang ditekuninya yang memberikan harapan untuk maju. Para wanita ini memasuki dunia kerja untuk menghasilkan uang, meningkatkan hasil karya dan prestasi, atau mengaplikasikan keahlian yang dimiliki. 

Wanita karir itu seperti apa? Ciri-ciri wanita karir adalah wanita yang aktif melakukan kegiatan untuk mencapai suatu kemajuan. Kegiatan yang dilakukan itu sesuai dengan bidang yang ditekuninya. Misalnya, bidang ilmu pengetahuan, ekonomi, politik, atau budaya. Selain itu, bidang pekerjaan yang ditekuni adalah bidang yang sesuai dengan keahlian dan dapat mendatangkan kemajuan dalam kehidupan, pekerjaan, atau jabatan.

Read :  Wiwin Dewi Herawati: Berani Menerima Tantangan Dunia Marketing

Pergerakan Karier yang Harus Dicapai Wanita Karir

Apa saja pergerakan karier yang perlu dilakukan wanita di usia 30-an? Inilah 10 langkah karier terbaik untuk wanita. 

1. Tetapkan Lebih Banyak Tujuan

Ketika kamu mencapai usia 30-an kamu harus harus membuat lebih banyak tujuan. Setelah telah mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang, kamu perlu menetapkan yang baru. Dengan begitu, kamu selalu bergerak maju.

2. Rencanakan Dana Pensiun

Tidak pernah ada kata terlalu dini untuk mulai merencanakan dana pensiun. Mulailah dengan tujuan tentang bagaimana kamu melihat masa pensiunmu? Apa yang ingin kamu lakukan pada masa tua nanti? Kemudian, hitung berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk tujuan itu dalam sebulan.

3. Mempelajari Keterampilan Baru

Keterampilan baru apa yang akan membuat pekerjaan kamu menjadi lebih efisien? Mulai kembangkan keterampilan baru dengan mendaftar kelas pelatihan online atau belajar secara otodidak.

4. Dapatkan Promosi

Promosi dapat berupa gaji yang lebih besar, status yang lebih tinggi, atau lebih banyak kekuatan untuk mempengaruhi hal-hal di dalam perusahaan. Untuk mendapatkan promosi, mulailah berbicara dengan atasan kamu. Beritahu bahwa kamu terbuka untuk tanggung jawab baru di luar posisi saat ini.

5. Kembangkan Networking yang Kuat

Networking menjadi kunci pergerakan karier kamu. Jaringan profesional yang kuat akan membantu kamu saat memikirkan perubahan karier, atau membangun bisnis. Jangan ragu untuk menjangkau lebih banyak profesional di industri kamu.

6. Ubah Karier 

Apakah pekerjaan saat ini sesuai dengan harapan kamu? Apakah kamu belum juga mendapat promosi dalam pekerjaanmu? Kini saatnya melakukan transisi karir. Mulailah merencanakan perubahan karir kamu sekarang juga.

7. Berbicara di Konferensi

Berbicara di konferensi memberikan banyak manfaat. Kamu bisa berbagi pengetahuan, bahkan mempromosikan bisnis. Cari tahu konferensi di bidang keahlian kamu yang membuka kesempatan kepadamu untuk menjadi pembicara. 

Read :  Yang Harus Dipertimbangkan sebelum Memutuskan Kerja Freelance

8. Ikuti Kelas Kepemimpinan Eksekutif

Sebagai wanita karier pertimbangkan untuk mendaftar dalam kepemimpinan eksekutif atau program manajemen eksekutif. Kelas ini akan meningkatkan nilai kepemimpinan kamu. Dengan melakukan ini, kamu lebih memenuhi syarat untuk mengikuti sesi pembicara di konferensi.

9. Bertindak sebagai Mentor

Menjadi mentor adalah cara terbaik untuk memberikan sesuatu kembali kepada komunitas. Bertindak sebagai mentor juga mendorong kamu menemukan perspektif baru.

10. Menangkan Penghargaan Industri

Penghargaan menunjukkan keandalan kamu dalam bidang pekerjaan yang digeluti. Ini juga membuktikan bahwa pekerjaan kamu diakui dan dihargai di industri kamu. Pada akhirnya ini akan memberi kamu kepercayaan diri yang lebih besar.

Itulah tujuan penting yang harus dicapai wanita karier usia 30-an. Dibutuhkan waktu, kesabaran, dan keyakinan pada diri sendiri untuk mencapai tujuan tersebut. Jika kamu membutuhkan ide tentang tujuan pengembangan karir, kunjungi Karir.com. Kami menyediakan database lowongan kerja yang dapat diakses secara gratis.

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.