Profesi

Apa Itu Web Developer? Ini 5 Tugas dan Nominal Gajinya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Saat ini internet menjadi bagian dari masyarakat yang tak mungkin diabaikan. Semua bisnis saling berkompetisi memberikan pengalaman online terbaik bagi pengguna internet. Pengembang web atau web developer adalah orang yang membantu perusahaan agar dapat memberikan pengalaman yang unik, menarik, dan dirancang dengan baik sesuai yang diharapkan konsumen saat ini.

Apakah web developer adalah karir yang bagus? Jawabannya tergantung pada apa yang kamu cari dalam karier. Opsi karir web developer sangat cocok bagi siapa saja yang menginginkan pekerjaan yang aman dan bergaji tinggi. 

Bureau of Labor Statistics (BLS) memproyeksikan bahwa pertumbuhan karir web developer akan melaju 23% pada tahun 2031 jauh lebih cepat daripada rata-rata. Hal ini sebagian disebabkan oleh pertumbuhan e-commerce yang eksplosif dan meningkatnya permintaan untuk desain yang ramah seluler.

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah seperti apa pekerjaan developer? Apakah bekerja sebagai web developer menyenangkan? menantang? atau juga sulit? Dalam artikel ini, Karir.com akan mengulas tentang apa saja tugas web developer, gaji, dan termasuk bagaimana mempersiapkan karir web developer.

Tugas Web Developer

Apa yang dilakukan oleh web developer? Web developer adalah programmer yang bertanggung jawab untuk mengubah cerita pengguna, maket, dan desain web menjadi situs web fungsional. Berikut adalah cakupan tugas dan tanggung jawab sehari-hari yang dilakukan seorang web developer.

1. Membuat Tata Letak Situs Web atau Antarmuka

Web developer memerlukan kombinasi keterampilan desain grafis dan keterampilan komputer teknis yang memungkinkan membuat desain di halaman web. Menggunakan praktik HTML/CSS standar mereka membuat tata letak situs web dasar dan antarmuka pengguna. Bahasa pengkodean desain web yang relevan seperti HTML, CSS, Java Script, dan PHP menjadi spesifikasi keahlian yang diperlukan.

Read :  Android Developer: 6 Tugas Utama dan Nominal Gajinya di Indonesia

2. Mengembangkan dan Memelihara Situs Web 

Sesuai namanya, pengembang web melakukan tugas untuk merancang, membangun, mengembangkan, dan memelihara situs web dan aplikasi perangkat lunak. Mereka memvalidasi pengujian antarmuka dan mengevaluasi kode untuk memastikannya memenuhi standar industri yang valid. Jika diperlukan, mereka juga mengarahkan atau melakukan pembaruan Situs Web.

3. Mengintegrasikan Data dari Berbagai Layanan Backend dan Database

Tugas web developer adalah membuat dan memelihara dokumentasi perangkat lunak. Mereka juga mengintegrasikan data dari berbagai layanan backend dan database ke direktori lokal untuk pemulihan. 

4. Memberi Arahan tentang Produksi Konten

Sebagai orang yang mendesain konten website, web developer juga mengarahkan anggota tim yang memproduksi konten. Selain bahasa scripting atau authoring, mereka juga terbiasa menggunakan alat manajemen, alat pembuatan konten, aplikasi, dan media digital.

5. Mengidentifikasi dan Memperbaiki Masalah yang Ditemukan

Web developer melakukan identifikasi masalah dari umpan balik dan pengujian pelanggan, dan mengoreksi atau merujuk masalah ke personel yang tepat untuk diperbaiki. Mereka akan berunding dengan tim untuk menyelesaikan konflik, memprioritaskan kebutuhan, mengembangkan kriteria konten, atau memilih solusi. Setelah itu, mereka menentukan kebutuhan pengguna dengan menganalisis persyaratan teknis.

Gaji Web Developer

Berapa gaji seorang web developer? Rata-rata gaji web developer berdasarkan situs Indeed adalah Rp 4.339.819 per bulan. Sementara menurut Salary Explorer, seseorang yang bekerja sebagai web developer sekitar Rp 11.200.000 per bulan. Gaji berkisar dari Rp 5.150.000 (terendah) hingga Rp 17.800.000 (tertinggi).

Tingkat pengalaman adalah faktor terpenting dalam menentukan gaji. Tentu saja, semakin banyak pengalaman bertahun-tahun, semakin tinggi gaji yang dihasilkan. Di samping itu, tingkat pendidikan juga sama pentingnya untuk menentukan gaji yang diperoleh. Sebut saja gaji web developer bergelar master yang lebih tinggi 68% dari seseorang dengan gelar Sarjana.

Read :  Mengenal Tugas SEO Specialist Beserta Gajinya yang Menjanjikan!

Lowongan Kerja Web Developer

Siap untuk mengambil langkah pertama untuk mengubah karir kamu? Bagaimanapun karir kamu saat ini, pekerjaan web developer adalah pintu gerbang yang sangat baik ke banyak karir teknologi menarik lainnya.

Jadi langkah apa yang harus kamu ambil untuk menjadi pengembang web? Mulailah mempelajari bahasa pengkodean seperti HTML, CSS, Python, dan JavaScript. Ini adalah kunci menguasai internet.

Untuk dapatkan lowongan kerja web developer, kunjungi situs kami. Karir.com juga menyediakan lowongan kerja di bidang digital lainnya, daftar sekarang juga!

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.